Ilmu semu dalam psikologi atau pseudoscience adalah pengetahuan, metodologi, keyakinan atau praktik yang diklaim sebagai ilmiah tetapi tidak mengikuti metode ilmiah. Ilmu semu bisa dibilang terlihat ilmiah, tapi tidak memenuhi persyaratan metode ilmiah yang dapat diuji dan seringkali bertolak belakang dengan kesepakatan ilmiah secara umum.

Berikut adalah beberapa ilmu semu dalam psikologi :

ilmu semu psikologi (pseudoscience)

 

1. Astrology adalah pengetahuan yang menjelaskan kepribadian dasar terhadap benda-benda angkasa yang sedang terjadi di alam, termasuk waktu kelahiran seseorang.

2. Grafology adalah pengetahuan yang menjelaskan kepribadian melalui tulisan tangan.

3. Physiognomy adalah pengetahuan yang menjelaskan kepribadian melalui mimik wajah.

4. Phrenology adalah pengetahuan yang menjelaskan kepribadian berdasarkan keadaan tengkorak.

5. Onychology adalah pengetahuan yang menjelaskan kepribadian melalui keadaan kuku.

6. Palmistry adalah pengetahuan yang menjelaskan kepribadian berdasarkan garis tangan.

7. Nemerology adalah sebuah kepercayaan bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan manusia ditentukan oleh angka tertentu.

8. Feng Shui adalah kepercayaan bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan manusia ditentukan oleh posisi dan kondisi rumah atau bangunan.

9. Kartu Tarot adalah sebuah kepercayaan bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan manusia ditentukan berdasarkan kartu tarot.

10. Shio adalah sebuah kepercayaan bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan manusia ditentukan oleh tahun kelahiran.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa ilmu semu dalam psikologi ini boleh Anda percayai, boleh tidak. Semua kembali pada kepercayaan masing-masing individu.

loading...
BAGIKAN
penyuka kopi & coklat serta penikmat senja :)