Ingin Hemat Kuota Internet? Lakukan 5 Tips Bawah Ini

Siapa yang tidak ingin menghemat kuota data internet? Hampir semua orang menginginkan data internet yang mereka gunakan bisa hemat sampai 1 bulan penggunaan. Tetapi karena kebiasaan dan juga kesukaan serta kesalahan kita ketika menggunakan internet, membuat paket data kita habis.

Di bawah ini adalah 5 hal yang bisa anda lakukan untuk menghemat paket kuota internet

1. Kurangi kebiasaan membuka Google Image

Tidak bisa kita pungkiri jika gambar memakan banyak sekali kuota yang ada di dalam paket data yang telah kita beli. Oleh karena itu jika Anda ingin menghemat paket data Anda, kurangilah kebiasaan membuka Google image. Bukalah google image ketika memang benar-benar dibutuhkan saja.

2. Hindari situs streaming video

Video adalah salah satu konten yang paling banyak menyerap data. Oleh karena itu jika Anda ingin menghemat paket data Anda. Sebaiknya Anda menghindari atau mengurangi kunjungan ke situ streaming video mulai dari YouTube, MeTube dan berbagai macam jenis situs streaming video lainnya.

3. Pakailah mode hemat data ketika menggunakan Opera Mini

Pernahkah anda menghabiskan data sebanyak 1 Mega Bite dalam sehari ? Saya yakin jarang orang yang melakukan hal ini, kecuali mereka adalah orang-orang yang terlalu banyak mengakses internet. Hal ini terjadi ketika saya menggunakan Opera Mini dan masih dalam spek gambar yang tinggi.

Oleh karena itu jika anda baru pertama kali menginstal Opera Mini. Sebaiknya Anda setting dalam menu pengaturan mode penghematan ekstrim dan turunkan kualitas gambar anda. Karena pada setting default, Opera mini masih menunjukkan setting gambar kualitas tinggi yang dapat menghabiskan paket data Anda.

4. Pakailah mode penghematan data dalam setiap aplikasi yang Anda gunakan

Saya misalkan ketika Anda menggunakan WhatsApp. Ketika Anda menggunakan aplikasi ini. Anda bisa menyetel aplikasi ini dengan mode hemat dengan tidak menampilkan video, gambar maupun dokumen yang lainnya ketika Anda mengaksesnya menggunakan ponsel seluler.

Sehingga hal ini dapat menghemat paket data yang Anda gunakan. Apalagi ketika Anda mengikuti banyak grup yang biasa share gambar dan video. Selain menghemat data jika Anda menggunakan mode penghematan data ini. Maka kinerja HP anda juga tidak akan lemot. Karena tidak terlalu menanggung banyak beban memori di dalam aplikasi tersebut.

5. Berselancar di Internet secukupnya saja

Hal ini khusus bagi Anda yang suka tethering data menggunakan HP dan biasa berselancar menggunakan laptop maupun komputer Anda. Untuk menghemat data Anda bisa berselancar pada situs-situs yang benar-benar anda butuhkan saja.

Karena jika anda bermain sosial media seperti Facebook, kemudian Anda membuka Kaskus, Anda membuka Ads id dan anda juga membuka situs-situs yang lainnya. kemudian anda menutup secara cepat dan membuka lagi secara cepat dan Anda belum tuntas membaca materi yang ada di dalam situ tersebut.

Maka secara tidak sadar dalam satu jam saja Anda bisa membuka banyak sekali situs dan hal ini akan memakan banyak sekali kuota data Anda. Oleh karena itu buatlah target point situs mana saja yang akan anda kunjungi dan informasi apa saja yang Anda cari di internet.

Inilah 5 tips menghemat data yang bisa anda lakukan.

loading...
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC