Istilah dalam Ilmu Psikologi

Dalam dunia pendidikan tentu banyak istilah asing yang belum diketahui, berikut ini adalah beberapa istilah dalam ilmu psikologi.

1. Conscious Mind (alam sadar/pikiran sadar) adalah apa yang anda sadari pada saat tertentu, seperti pengindraan langsung, ingatan, persepsi, pemikiran, fantasy serta perasaan yang anda miliki. Pikiran sadar ini berlangsung ketika Anda dalam kondisi sadar. Lawan dari Conscious Mind adalah Subsconscious (alam tak sadar/pikiran tak sadar) yaitu apa yang Anda sadari ketika dalam kondisi tidak sadar, misalnya mengigau ketika tidur.

2. Parkinson adalah penyakit degenerasi yang menyerang otak karena kurangnya depamine dalam otak.

3. Demensia adalah berkurangnya fungsi kognitif otak, istilah yang digunakan untuk sekelompok gejala kelainan yang mempengaruhi otak. Hal ini biasa terjadi pada orang lansia, akan tetapi demensia dapat pula dialami orang dewasa berbagai usia karena penyakit tertentu yang mempengaruhi otak.

4. Atrofi Muskular adalah berkurangnya ukuran dan jumlah serat otot akibat proses penuaan, penurunan aliran darah, berkurangnya gizi atau akibat hilangnya fungsi saraf. Biasanya ditemukan dalam ilmu kedokteran dan medis.

5. Agoraphobia adalah rasa takut yang berlebihan akan ruangan terbuka, ini adalah kebalikan dari Claustrophobia yang takut akan ruang sempit.

6. Arsonphobia dalah ketakukan pada api. Hal ini biasa terjadi apabila di masa lalu pernah mengalami hal buruk yang berhubungan dengan api misalnya adalah pernah mengalami kejadian kebakaran hebat di rumahnya atau hal lainnya.

7. Cryptozoology adalah ilmu yang mempelajari tentang hewan tersembunyi, lebih tepatnya ilmu ini mempelajari tentang makhluk-makhluk yang dianggap “legenda” atau tidak ada dalam ilmu biologi modern.

8. Erythrophobia adalah istilah yang dipakai untuk seseorang yang takut berlebihan terhadap warna merah.

9. Narkolepsi adalah gangguan tidur dimana seseorang bisa tiba-tiba tertidur saat melakukan aktivitas normal sehari-hari.

10. Anemia Aplastik adalah suatu penyakit yang terlihat dari sumsum tulang yang tidak mampu memproduksi sel darah.

11. Atephobia adalah rasa takut akan tinggal di pegunungan atau rumah tingkat karena dibayangi oleh ketakutan / reruntuhan.

12. Arachnephobia adalah rasa takut pada laba-laba.

13. Aeroacrophobia adalah istilah yang digunakan untuk orang yang takut akan ketinggian.

14. Brontophobia adalah rasa takut berlebihan terhadap guntur.

15. Catoptrophobia adalah istilah untuk seseorang yang takut terhadap cermin.

Di atas adalah beberapa istilah dalam psikologi, tidak menutup kemungkinan apabila di lain waktu akan dijelaskan beberapa istilah dalam ilmu psikologi.

loading...
BAGIKAN
penyuka kopi & coklat serta penikmat senja :)