Jangan Dibuang! Ini Manfaat dan Cara Mengolah Biji Kurma

Kurma merupakan salah satu jenis tanaman palem yang termasuk dalam genus Phoenix. Buah kurma memiliki bentuk lonjong dengan warga merah kekuning-kuningan dan memiliki citarasa sangat legit.

Buah kurma sangat mudah kita jumpai di pasar-pasar modern seperti minimarket, supermarket, maupun di pasar-pasar tradisional. Buah kurma biasanya diburu saat bulan puasa oleh umat muslim, karena buah kurma sangat dianjurkan untuk berbuka puasa.

Iklan

Nah, bagi Anda yang suka mengkonsumsi buah kurma, pasti terdapat banyak biji kurma. Jangan dibuang dulu, karena biji kurma memiliki manfaat yang tidak kalah dari buahnya.

Dan kali ini kami akan berbagi informasi seputar manfaat biji kurma beserta cara mengolahnya supaya bermanfaat.

Manfaat dan cara mengolah biji kurma

Biji kurma sebagai pengganti kopi

Biji kurma bisa dimanfaatkan sebagai pengganti biji kopi. Minuman kopi dari biji kurma dapat memberikan tenaga kepada yang meminumnya, karena bubuk biji kurma mengandung zat gula yang dapat membantu memulihkan energi.

Cara mengolah biji kurma menjadi serbuk kopi, pertama cuci bersih biji kurma, lalu jemur hingga kering. Sangrai biji kurma seperti penggorengan biji kopi. Selanjutnya tumbuk biji kurma hingga halus. Setelah itu seduh serbuk biji kurma menggunakan air mendidih.

Biji kurma untuk kecantikan

Untuk kecantikan, biji kurma dapat digunakan sebagai lulur untuk menghaluskan kulit. Untuk membuat lulur gunakan biji kurma yang sudah dihaluskan, lalu campur dengan minyak zaitun dan tambahkan madu.

Biji kurma untuk melunakkan daging

Biji buah kurma bermanfaat pula untuk melembutkan atau melunakkan daging. Caranya tambahkan serbuk dari biji kurma yang sudah dihaluskan saat memasak daging. Anda tidak perlu khawatir karena penambahan bubuk tersebut tidak akan berpengaruh pada citarasa makanan yang Anda buat.

Biji kurma mengatasi kebotakan

Manfaat biji kurma selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah kebotakan rambut. Cara memanfaatkan biji buah kurma untuk mengatasi kebotakan adalah mencampurkan serbuk biji kurma dengan minyak zaitun lalu oleskan pada kulit kepala yang botak.

Itulah beberapa manfaat dan cara mengolah biji kurma. Punya biji kurma dirumah? Jangan dibuang, olah biji kurma sesuai selera dan manfaat yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

Iklan
loading...
BAGIKAN