Jangan Ditunda, Mulai Sekarang Rutin Cek Kesehatan Jantung!

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, muda atau pun tua. Karena itu, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Yoga Yunaidi, mengingatkan akan pentingnya melakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Menurutnya, cek kesehatan tidak perlu menunggu sudah terkena oleh penyakit atau munculnya gejala.

Cek kesehatan secara rutin memang sangat penting, terlebih bagi mereka yang tinggal di perkotaan, di mana pada umumnya memiliki lingkungan yang kurang sehat. Banyak orang ‘lupa’ untuk menjaga pola makan mereka, seperti dengan sering mengonsumsi makanan junk food, makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi atau gula yang berlebih.

Parahnya lagi, pola makan buruk itu juga diikuti dengan pola hidup yang kurang sehat, seperti kurang berolahraga, kurang bergerak atau bisa dikatakan dengan gaya hidup sedentary. Belum lagi lagi ditambah faktor-faktor tidak sehat lainnya, seperti kebiasaan merokok dan stres.

Yoga juga mengingatkan untuk tidak menganggap sepele saat muncul gejala penyakit jantung, seperti sesak napas, pingsan, pusing, dan keringat dingin.

Sementara itu, Ari Fahrial Syam, dokter spesialis penyakit dalam, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo ikut menambahkan, cek kesehatan perlu dilakukan untuk mendeteksi penyakit sejak dini. Mulai dari dengan pengecekan gula darah, kadar kolesterol, jantung, asam urat, dan tekanan darah.

Ari menyatakan saat usia menginjak 40 tahun, terutama bagi mereka yang obesitas, hipertensi, hipertrigliserida, merokok, hiperkolesterol, diabetes melitus atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung, kurangnya olahraga rutin dan stres, dianjurkan untuk segera lakukan general check up untuk mencegah berbagai penyakit yang mungkin timbul, serta mendeteksi dini jika ada gangguan kesehatan yang serius.

BAGIKAN