Kapan Tes CPNS 2016 Akan Dilaksanakan

CPNS 2016. Profesi yang sebagian banyak diidam-idamkan banyak orang, PNS yang semakin hari-semakin banyak pula tunjanganya, semakin banyak pula pesaing untuk merebutkan prosesi itu. Tes CPNS 2016 yang sejatinya akan dilaksanakan menurut info pada bulan Maret 2016, menjadi angin segar bagi para pencari kerja tersebut. Bagaimana tidak, penerimaan CPNS 2016 yang menjadi awal pelaksanaan setelah vakum lebih dari 2 tahun dalam perekrutan Calon PNS. Kini pemerintah berniat kembali mengadakan tes CPNS untuk para calon-calon abdi negara.

Namun berita buruk lagi-lagi datang, setelah bosan mendengar dan nyata seperti tahun 2015, yang katanya tes CPNS 2015 akan digelar bulan November, lagi-lagi menemui kebuntuan karena terbentur masalah anggaran. Sama seperti tahun 2015, pelaksanaan tes CPNS 2016 pun mengalami simpang siur beritanya. Dikutip dari menpan.go.id-  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan bahwa akan melakukan penghentian sementara atau moratorium perekrutan pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2016 nanti. Diberlakukannya kembali moratorium di tahun depan ini, selain disebabkan oleh terbatasnya anggaran biaya belanja pegawai, juga karena melubernya jumlah PNS saat ini yang sudah mencapai kurang lebih 5 juta orang.

✔ Populer :  Proses Seleksi CPNS 2015

“Pemerintah tidak memiliki cukup uang untuk terus menerus menambah pegawainya,” kata Menteri Yuddy di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, seperti dikutip dari Antaranews hari Selasa (24/11/2015).

Yuddy mengatakan, anggaran belanja pegawai pemerintah pusat sampai sekarang ini melebihi 42 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sedangkan di tingkat daerah ada yang mencapai hingga 80 persen. Maka dari itu perlu dilakukan penghematan anggaran. “Kita sudah over. Oleh karena itu kami harus mengatakan stop penerimaan pegawai negeri sipil (PNS),” tegasnya.

Namun bagi Anda calon pendidik, Anda bisa bernafas lega. Karena penerimaan CPNS 2016 akan dikhususkan bagi tenaga pendidik dan kesehatan. Dan ini membuktikan bahwasanya pemerintah memang memperdulikan nasib para pendidik dan kesehatan. Apakah ini termasuk golongan K2? entahlah, masih dalam proses penyempurnaan dan pengecekan anggaran yang ada.

Lalu bagaimana dengan formasi yang lain? pemberlakuan moratorium pada tahun 2016 membuat tidak diadakannya pelaksanaan tes CPNS formasi lain. Diadakannnya penghentian sementara atau moratorium pengangkatan PNS ini karena dilihat dari jumlah PNS sebanyak 4.517.000 pegawai. Dengan jumlah itu, rasio kepegawaian terhadap jumlah penduduk secara nasional ada pada angka 1,77. Sementara banyak daerah yang rasio kepegawaiannya terhadap jumlah penduduk setempat tidak normal, yakni mencapai angka 2,5 – 3. Dengan rasio yang tinggi, maka belanja anggaran pegawainya juga akan membengkak tinggi.

✔ Populer :  Tata Cara Pendaftaran CPNS 2015

Untuk itu bagi Anda yang berkeinginan menjadi abdi negara, bersiaplah jika pelaksanaan berjalan mulus kemungkinan bulan Maret 2016 anda sudah bisa mendaftar secara online dengan ketentuan yang berlaku. Meskipun demikian namun untuk kepastian akan keputusan dari yang direncanakan mengenai jadwal CPNS 2016 itu masih belum pasti sehingga masih harus menunggu keputusan resmi tentang kapan pendaftaran CPNS online itu dibuka dari mulai registrasi pendaftaran, pelaksanaan tes hingga pengumuman kelulusan tes CPNS.

Jika memang berjalan mulus, Anda harus tahu bagaimana cara daftar CPNS 2016, simak berikut ini, beberapa tata cara pendaftaran awal dengan cara registrasi online CPNS 2016 jika benar jadwalnya sudah ditentukan bulan Maret 2016 adalah sebagai berikut.

  1. Akses situs resmi tempat registrasi Online di situs panselnas
  2. Register dan Login lalu isi Form Pendaftaran online CPNS 2016
  3. Cetak Kartu Registrasi Online CPNS 2016
  4. Persiapan diri menjelang tes CPNS 2016  dengan latihan soal-soal.

Demikian informasi tes CPNS 2016 kapan akan dilaksanakan. Semoga tidak mulur dan mulur lagi seperti tahun sebelumnya.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.