Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki banyak manfaat. Sejak dulu jenis jeruk nipis ini memang sudah banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Hanya dengan buah jeruk nipis saja berbagai penyakit bisa disembuhkan.

Namun tidak hanya mengobati berbagai penyakit, khasiat jeruk nipis yang lainnya juga bisa digunakan sebagai perawatan tubuh khususnya bagian wajah. Banyak sekali khasiat dari buah yang memiliki rasa super kecut ini.

Khasiat Buah Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat buah jeruk nipis dalam mengobati berbagai penyakit memang sangat manjur. Jeruk nipis sangat baik dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang melimpah pada jeruk nipis ini menjadikannya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut berbagai khasiat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh dan cara penggunaannya.

Mengobati batuk

Batuk yang menyerang memang akan mengganggu pada komunikasi Anda. Terutama bagi seorang penyanyi, batuk merupakan penyakit yang harus segera dihilangkan. Batuk bisa disembuhkan dengan air dari jeruk nipis.

Tak hanya mengobati batuk biasa, jeruk nipis juga bisa menghilangkan lendir yang terdapat di tenggorokan. Biasanya lendir di tenggorokan tersebut sangat mengganggu dan membuat suara batuk menjadi terdengar serak penuh lendir.

Caranya yaitu dengan memeras 1 buah jeruk nipis yang telah di belah terlebih dahulu. Kemudian air perasan dari jeruk nipis tersebut dicampurkan dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam.

Lakukan cara tersebut secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam sehari supaya batuk segera hilang.

Mengobati gangguan pencernaan

Jeruk nipis juga ternyata bisa dijadikan sebagai obat bagi Anda yang selalu memiliki masalah dalam pencernaan. Terkadang seseorang sering merasa sakit perut setelah memakan makanan yang pedas. Padahal tak terlalu pedas.

Hal tersebut bisa diatasi dengan rajin mengkonsumsi jeruk nipis setiap harinya.

Caranya yaitu cukup mudah hanya dengan memeras air jeruk nipis saja sebanyak 1-2 jeruk nipis. Kemudian air perasan jeruk nipis tersebut ditambahkan air hangat sampai setengah gelas. Langsung konsumsi secara rutin selama 2 minggu.

Jika mengkonsumsi secara rutin, maka perut Anda akan terasa lebih baik saat setelah memakan makanan yang pedas.

Mengobati sakit maag

Maag terkadang membuat orang merasa mual untuk memakan atau pun mencium berbagai jenis makanan. Ketika maag sudah kambuh memang akan membuat penderitanya merasa jengkel. Salah satu penyebab yang biasanya terjadi adalah karena telat makan.

Bagi orang-orang yang sibuk karena pekerjaan, umumnya akan lupa untuk makan. Jika Anda mengidap maag, Anda bisa mengobati nya dengan air perasan jeruk nipis. Jika maag nya cukup kronis, bisa juga diobati dengan air jeruk nipis.

Caranya yaitu dengan menyeduh air perasan jeruk nipis dengan air hangat. Sebaiknya di minum pada pagi hari sebelum melakukan sarapan dan dilakukan dengan rutin setiap hari.

Mengatasi menstruasi yang tidak teratur

Biasanya wanita sering mengeluhkan jadwal dari menstruasi yang tidak teratur. Terkadang seorang wanita sering dihadapkan dengan permasalahan telat haid. Hal tersebut akan berdampak pada kondisi tubuh seorang wanita.

Wanita yang lama tidak haid akan merasa kurang enak badan, bahkan dapat menimbulkan banyak jerawat. Hal ini dapat Anda atasi agar jadwal menstruasi teratur dengan cara mengkonsumsi jeruk nipis.

Caranya yaitu, mencampurkan air perasan jeruk nipis sebanyak 3 sendok makan dengan madu sebanyak 1 sendok makan. Kemudian kedua bahan tersebut setelah dicampur, barulah di seduh dengan air panas.

Ketika airnya sudah hangat, anda bisa konsumsi setiap 3 kali dalam sehari.

Mengobati jerawat

Jerawat adalah masalah yang sering dihadapi oleh setiap orang. Jerawat kebanyakan menyerang wajah para remaja yang memasuki masa pubertas. Berbagai produk penghilang jerawat pun banyak dijual di pasaran.

Namun, tahukah anda jika jerawat membandel bisa hilang hanya dengan jeruk nipis?

Caranya yaitu, mengoleskan air perasan dari jeruk nipis secara menyeluruh ke bagian wajah. Kemudian setelah didiamkan selama kurang lebih 30 menit, barulah wajah di bilas dengan air bersih.

Jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan maka sebaiknya dilakukan secara rutin.

Selain manfaat diatas masih banyak manfaat lain dari jeruk nipis ini. Dengan cara mengkonsumsi jeruk nipis setiap hari, bahkan mampu menurunkan berat badan.

Selain itu, bagi ibu rumah tangga yang gemar memasak, khasiat jeruk nipis bisa juga digunakan untuk menghilangkan rasa bau amis.

BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.