Konsumsi Kopi Berlebih Sebabkan Penuaan Dini

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak digemari, tidak hanya pria, kaum hawa juga suka mengonsumsi kopi. Banyak manfaat dari minum kopi, tapi ada juga efek samping jika kita mengonsuminya secara berlebihan.

Segala sesuatu jika dikonsumsi secara berlebihan pasti tidak baik bagi tubuh, salah satunya kopi. Anda para wanita yang suka minum kopi harus tahu, bahwa minum kopi berlebihan dapat menyebabkan penuaan dini.

Iklan

Penuaan dini sudah pasti menjadi salah satu masalah besar bagi wanita. Bahkan ini dapat membuat wanita kehilangan rasa percaya diri untuk tampil di depan umum, karena terlihat lebih tua dari usianya.

Seperti diketahui, minuman kopi mengandung jumlah kafein cukup besar. Jika kita terlalu banyak mengonsumsi kopi, secara otomatis banyak kafein yang masuk ke dalam tubuh sehingga dapat bekerja sebagai diuretik (semakin banyak produksi air seni). Hal itu dapat membuat kita lebih sering buang air kecil sehingga bisa mengalami dehidrasi.

Saat tubuh dehidrasi dan kekurangan cairan, maka potensi keriput pada kulit atau penuaan dini semakin besar. Tidak hanya itu, kekurangan cairan juga dapat membuat timbul bintik-bintik pada kulit sehingga membuat seseorang terlihat lebih cepat tua.

Buat Anda yang memiliki kebiasaan minum kopi atau bahkan pecandu kopi, sebaiknya kurangi kebiasaan Anda untuk menghindari penuaan dini. Jika memang sulit meninggalkan kebiasaan ngopi, maka Anda bisa mengimbanginya dengan minum air putih yang cukup.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari, karena dengan cukup minum air putih bisa menetralisir kafein berlebih dalam tubuh.

Iklan
loading...
BAGIKAN