Lima Tipe Manusia Berdasarkan Teori Kepribadian

Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Tergantung sifat pembawaan dari orang tuanya dan juga faktor lingkungan di mana ia tinggal.

Di bawah ini adalah lima tipe manusia berdasarkan teori kepribadian.

1. Tipe sanguin

Seseorang yang memiliki tipe sanguin memiliki gairah hidup yang tinggi, bersemangat, penuh kekuatan, dan juga akan membuat lingkungan tempat dia tinggal penuh dengan kesenangan dan kegembiraan. akan tetapi orang yang memiliki tipe ini mudah sekali dipengaruhi oleh lingkungannya. Orang yang memiliki tipe sanguin kurang bisa menguasai diri dan cenderung mudah jatuh dalam godaan dan bisa terperosok ke dalamnya.

2. Tipe flekmatik

Orang yang bertipe flekmatik cenderung lebih tenang. Bisa menguasai dirinya serta emosinya tidak tampak di dalam keadaan senang maupun sedih. Sehingga gejolak emosi yang ada di dalam dirinya tidak nampak dengan jelas. Orang ini cenderung lebih introspektif dan mau memikirkan masalah yang ada disekitarnya akan tetapi orang yang memiliki tipe flekmatik cenderung tidak mau susah dan mau ambil mudahnya saja.

✔ Populer :  Implikasi Teori Kognitif dalam Pendidikan

3. Tipe melankolik

Seorang yang memiliki tipe melankolik biasanya akan terobsesi dengan karyanya yang paling bagus dan yang paling sempurna. Mengerti tentang keindahan dan perasaannya sangat kuat serta sensitif terhadap sesuatu yang berbau dengan perasaan. Orang yang memiliki tipe melankolik mudah dikuasai oleh perasaan dan akan cenderung mudah murung.

4. Tipe kolerik

Seorang yang memiliki tipe kolerik biasanya memiliki disiplin yang tinggi, orientasi tugas yang tinggi, serta tanggung jawab yang sangat tinggi. namun orang yang memiliki tipe kolerik kurang mampu memahami perasaan orang lain dan kurang mampu mengembangkan rasa kasihan pada seseorang.

5. Tipe asertif

Seorang yang memiliki tipe asertif biasanya mudah menyatakan pendapat, ide, maupun gagasanya secara tegas dan kritis akan tetapi orang yang memiliki tipe asertif lebih santun dan memiliki perasaan yang halus sehingga tidak menyakiti perasaan orang lain.

Ini adalah lima tipe yang bisa anda pahami sehingga kita bisa mengambil ilmu tentang kelebihan dan kekurangan tipe atau karakteristik kepribadian dari masing-masing tipe. Dengan memahami tipe masing-masing individu diharapkan mampu menciptakan sikap hidup yang harmonis dan mengurangi gesekan dan pertengkaran antar individu.

BAGIKAN
PAYTREN BISNISNYA USTADZ YUSF MANSUR pengen penghasilan tambahan WA/sms : 0852 0160 6992