Membuat Copyright Otomatis Update dengan PHP

Di setiap website, biasanya ada pernyataan copyright di bagian bawah setiap halaman. Beberapa software yang Anda download atau gunakan, mungkin sudah menangani hal ini secara otomatis. Namun jika Anda membangun website sendiri dari nol, maka Anda perlu memberi perhatian terhadap masalah ‘kecil’ ini.

Dan seringkali, saat membangun web, masalah copyright ini menjadi hal yang paling akhir ditambahkan, atau mungkin dilupakan. Untuk itu adalah hal bagus untuk membuatnya bisa diperbarui secara otomatis setiap tahunnya.

Memiliki copyright yang tidak update, membuat web Anda terlihat tidak aktif atau tidak dikelola dengan baik.

Membuat copyright otomatis dengan PHP

Membuat copyright yang bisa memperbarui otomatis sangat lah mudah dalam PHP. Anda hanya butuh skrip sederhana untuk melakukannya.

Pertama adalah dengan menggunakan fungsi time() untuk mengambil waktu dan tanggal saat ini dari server. Kemudian kita menggunakan date() agar timestamp tadi bisa dibaca oleh pengunjung. Karena kita hanya perlu tahun-nya saja, maka kita cukup menggunakan parameter Y.

✔ Populer :  Panduan Pemula PHP: Kondisional Bersarang

Berikut contoh script yang bisa dibuat:

<?php
$tanggal = time () ;
//Untuk mengambil data waktu dan tanggal saat ini dari server 
$tahun= date("Y",$tanggal);
//Memformat agar hanya menampilkan tahun 4 digit angka dengan Y (kapital)
echo "Copyright @ 2011 - " . $tahun;
/* baris ini mencetak rentang copyright,
Anda perlu mengganti 2011 dengan tahun pertama kali website Anda diluncurkan */
?>

Untuk lebih memahaminya, mari kita lihat prosesnya.

Pertama kita membuat variabel $tanggal, yang berisi time stamp saat ini dari server dengan menggunakan fungsi time(). Kemudian kita membuat variabel $tahun, lalu dengan menggunakan fungsi date() dan parameter Y, kita menerjemahkan time stamp untuk menampilkan tahun sekarang. Terakhir, kita mencetak copyright dengan perintah echo(), dimana contoh website kita diluncurkan pada 2011.

Jika dijalankan (saat artikel ini ditulis), maka akan menghasilkan: Copyright @ 2011 – 2015.

Selanjutnya, jika mau Anda bisa melakukan formating lebih lanjut, seperti ukuran font, perataan dan sebagainya.

Jangan lupa, Anda perlu menambahkan kode tersebut di setiap halaman web Anda. Atau yang terbaik adalah membuatnya sebagai file terpisah, lalu menyertakannya di footer pada setiap halaman. Dengan cara ini, Anda dapat menyunting, mengganti huruf dan formatting lainnya, kapan saja Anda mau hanya dari satu file, dan akan diterapkan ke seluruh halaman web Anda.

✔ Populer :  "Halo, Dunia!" Program Komputer Paling Dasar

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi include () atau require (). Fungsi ini berguna untuk memanggil atau menyertakan kode dari file lain dan membuatnya sebagai bagian dari kode file yang sedang aktif.

Nah, itulah cara membuat copyright otomatis update menggunakan PHP untuk website Anda. Selamat mencoba! Salam.

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.