Membuat Manisan Carica yang Segar dan Menyehatkan

manisan carica

Carica adalah buah unik yang memiliki banyak serat dan vitamin. Manisan carica khas kota wisata Dieng ini sudah bisa anda dapatkan di kota-kota besar lainnya. Bahkan ketika anda berkunjung ke Pekalongan, di depan Plaza Matahari Mall Pekalongan, Anda bisa temukan stand yang menjual manisan carica ini.

Pernahkah anda berpikir bagaimana sih cara membuat manisan carica? Yuk, kita simak cara membuat manisan carica yang sehat dan menyegarkan ini.

Iklan

Alat dan bahan membuat manisan carica

Peralatan yang dibutuhkan:
1. Pisau dapur
2. 3 baskom
3. Kompor
4. Sendok
5. Mangkuk saji
6. Panci

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. Buah carica setengah matang 5 buah
2. 1/4 kg gula pasir
3. 1 liter air bersih
4. Sirup buah

Cara pembuatan manisan carica

1. Kupas kulit carica sampai bersih kemudian belah menjadi 4 bagian.

Iklan

2. Ambil biji dan serat yang ada di dalam buah carica. Letakkan di 3 baskom yang sudah Anda persiapkan. Satu baskom berisi buah carica, satu baskom berisi biji dan serat carica dan baskom yang satunya digunakan sebagai tempat membuang kulit carica.

3. Potong daging buah carica menjadi dadu atau tergantung selera Anda mau dibuat segitiga, bintang, persegi panjang, tergantung selera anda ingin dikreasikan seperti apa.

4. Didihkan air di atas kompor, kemudian larutkan gula pasir dalam 1 liter air yang telah Anda persiapkan. Jika air sudah mendidih dan gula sudah terlarut sempurna, langkah selanjutnya adalah kecilkan api kompor anda menjadi api sedang.

5. Masukkan buah carica yang ada di baskom kedua, kemudian masukkan sedikit serat carika ke dalam panci. Serat carika ini digunakan sebagai pengharum alami yang akan keluar ketika serat carica ini di campurkam bersama buah carica. (buang bijinya dahulu).

6. Bagi Ada yang ingin menambahkan varian rasa bisa menambahkan sirup ke dalam manisan ini. Akan tetapi bagi anda yang suka dengan rasa original anda tidak perlu menambahkan apapun, karena carica sudah memiliki rasa yang khas dan berbeda dari buah yang lainnya.

7. Jangan terlalu lama ketika merebus buah carica ini, cukup sampai tekstur dari carica agak lembut maka setelah itu angkat buah carica ini dan siap untuk disajikan.

Inilah cara yang paling tepat untuk mengolah buah carica ini menjadi hidangan yang segar dan menyehatkan bagi anda dan keluarga.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC