Mengalami Kesulitan Saat Mengisi KIP, Dapodik, Simpatika atau Emis? Lakukan 4 Tips di Bawah Ini

Dapodik, simpatika, Emis, ataupun KIP adalah sebuah tugas terbaru yang terkadang sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Padahal hal ini adalah tugas yang harus dikerjakan secara cepat dan tepat. Akan tetapi karena berbagai macam faktor terkadang membuat kinerja dari para guru menjadi terhambat.

Bukan karena faktor profesionalisme dari seorang guru yang kurang akan tetapi faktor eksternal lain yang menyebabkan sulitnya mengimput data dalam Dapodik, simpatika dan Emis.

Iklan

Jika anda mengalami kesulitan ketika menginput data tersebut Anda bisa mencoba 4 tips dibawah ini:

1. Jangan berbagi tethering internet melalui smartphone

Kebanyakan dari para operator mengisi data mereka menggunakan satu HP yang digunakan secara bersama-sama. Bahkan terkadang 1 tethering HP bisa digunakan lebih dari 4 user.

Jika hal ini Anda lakukan maka bukan password yang salah ketika ada masukan. Akan tetapi karena sinyal yang Anda pakai tidak mendukung. Sehingga Anda tidak bisa login dan masuk ke dalam server ataupun portal web pusat yang telah disediakan. Oleh karena itu jika Anda ingin mengakses dan mengisi data ini secara cepat maka gunakanlah 1 tethering HP untuk satu IP (laptop) saja.

Karena jika Anda menggunakan secara bersama-sama ketika Anda sudah selesai menginput data biasanya akan terjadi error dalam penyimpanan ataupun Anda tidak bisa login ke dalam akun yang Anda miliki.

Iklan

2. Bersihkan cache peramban Anda

Cache adalah riwayat browsing yang tersimpan secara otomatis di dalam komputer Anda. Anda bisa membersihkan cache ini menggunakan CC Cleaner yang bisa anda download gratis di internet.

Karena saya pernah mencobanya, ketika terjadi Error saat penyimpanan, saya melakukan logout kemudian membersihkan cache peramban yang ada menggunakan CC Cleaner. Kemudian saya login kembali ke dalam aplikasi tersebut dan ketika saya menginput, data saya kembali normal dan tidak terjadi error saat penyimpanan.

3. Carilah lokasi internet yang stabil

Tidak bisa kita pungkiri jika aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang agak berat untuk diakses. Oleh karena itu kita perlu koneksi internet yang stabil. Namun sayang sekali bagi para operator yang berada di daerah pelosok dan pegunungan biasanya mengalami kesulitan sinyal internet.

Jika sinyal tidak stabil bahkan sangat kecil maka biasanya akan terjadi error dan juga sulit untuk login ke dalam aplikasi ini. Oleh karena itu Anda bisa mencari tempat favorit, baik di sekolah maupun dirumah Anda yang memiliki koneksi internet yang stabil.

Anda bisa berada di tempat tersebut bersama dengan laptop dan juga perangkat kerja Anda yang lainnya atau Anda bisa menempatkan HP Anda yang ditempatkan di tempat-tempat yang memiliki koneksi sinyal internet yang tinggi. Karena tethering HP meskipun berjarak 10 m dari laptop koneksi Wifi akan tetap terkoneksi dengan baik ketika anda menemukan posisi sinyal yang tepat.

4. Putus dan sambung kembali koneksi internet Anda

Jika saat Anda melakukan tethering menggunakan HP, khusus untuk Anda yang berada di daerah pegunungan. Terkadang sinyal mengalami error ketika awan kumolonimbus atau awan awan hitam lewat sejenak di atas rumah kita.

Jika sinyal Anda hilang sesaat kemudian Anda tidak bisa mengakses internet. Anda bisa melakukan pemutusan koneksi pada tethering HP dan laptop Anda. Kemudian melakukan koneksi ulang. Karena hal ini bisa membuat koneksi Anda tersambung kembali dengan lebih baik.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC