Sebuah blog yang kita ketahui secara visualnya hanya berbentuk halaman seperti selembar kertas. Namun semua itu mempunyai bagian-bagian dan namanya masing-masing.

Baik dari pengkodean juga dilakukan secara tersusun rapi dan terstruktur. Untuk nama-nama bagian dari template ini, bisa saja berbeda-beda baik penamaan dan pengkodeannya.

Tetapi yang tertulis pada gambar di bawah, nama-nama tersebut adalah penamaan yang di gunakan secara global oleh para blogger.

BODY Body ini adalah bagian paling belakang daripada semuanya. Bagian ini bisa di katakan background, bisa kita rubah-rubah warna atau dengan gambar. Di bagian body ini dapat juga untuk mengatur keseluruhan yang ada didalamnya seperti, mengatur jenis font besar dan gayanya dan lain-lain.

OUTER WRAPPER Ini adalah atas dari pada body. Di mana outer wrapper ini didalamnya terdapat bagian-bagian lagi yaitu Header, Main Wrapper, Post, Sidebar dan Footer. Mereka dibungkus di dalam outer wrapper ini.

HEADER Ini adalah bagian atas atau kepala suatu blog. Diaman bagian ini biasanya digunakan untuk meletakkan judul blog, baik berupa teks maupun gambar. Dan biasanya juga bagian ini digunakan untuk banner (iklan).

MAIN WRAPPER Ini adalah bagian belakang daripada Post. Bagian ini biasanya berisi tempat area post, date post, post footer, dan comment block.

POST Ini adalah area di mana konten post atau artikel akan ditampilkan.

SIDEBAR Area ini bisa berada di kanan atau kiri main wrapper dan bisa juga dua-dua nya (kiri dan kanan). Area sidebar ini bisanya berisi widgetwidget seperti pengikut (fans page) Facebook, artikel populer, iklan dan sebagainya.

FOOTER  Bagian ini berada paling bawah blog. Di bagian ini lazimnya tempat meletakkan teks copyright. Biasanya di atasnya dapat juga di tambahkan widget-widget, tergantung pembuat.

loading...
BAGIKAN