Mengenal Jenis Iklan Online Internet

Ada 3 jenis utama periklanan online di internet, yaitu:

Pay per Click (PPC)

Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi Bayar per Klik, disingkat BPK. Ini adalah jenis periklanan dimana Anda akan dibayar ketika seseorang mengklik iklan di blog Anda.

Contextual Ads
Atau iklan kontekstual, biasanya termasuk jenis PPC. Iklan ditayangkan berdasarkan konten atau isi dari halaman web dimana iklan tersebut muncul. Secara teori, iklan yang muncul seharusnya relevan atau sesuai dengan konten halaman, sehingga lebih berpeluang untuk diklik oleh pengunjung. Google Adsense, merupakan salah satu program contextual ads yang paling terkenal di kalangan blogger.

TextLink Ads
Alih-alih menyesuaikan dengan konten halaman blog, iklan jenis menambahkan link (tautan) ke teks tertentu sepanjang artikel. InfoLink merupakan salah contoh dari iklan jenis ini.

Pay per Impression (PPI)

Pengiklan akan membayar kepada blogger setiap kali iklan muncul di blog. Biasaya dihitung besaran nilai dari setiap 1000 tampilan atau impresi, makanya lebih dikenal dengan CPM (cost per click) atau BPS (Bayar per Seribu tampilan).

Pay per Action (PPA)

Pengiklan akan membayar kepada blogger setiap kali seseorang mengklik iklan dan melakukan sesuatu yang diinginkan pengiklan, entah itu membeli produk, berlangganan newsletter atau tindakan lainnya.

Iklan Afiliasi

Biasanya memberi kebebasan kepada blogger untuk memilih iklan produk tertentu untuk ditampilkan di blog. Blogger akan dibayar ketika seseorang mengklik iklan lalu membeli produk tersebut.

Iklan Langsung (Direct-Ads)

Banyak blogger menawarkan kepada pengunjung blog untuk menyewa ruang (ads-space) di blog mereka untuk menampilkan iklan. Iklan langsung biasanya berupa iklan banner (spanduk) atau jenis iklan lainnya yang diberikan secara langsung oleh pengiklan kepada blogger.

Harga dan metode pembayaran berbeda antara blogger yang satu dan lainnya, tergantung kesepakatan dengan pengiklan, yang biasanya tergantung dari seberapa besar trafik yang dimiliki suatu blog. Iklan langsung biasanya juga disebut dengan istilah sponsor bagi suatu blog.

Iklan Review

Jenis lain dari model periklanan internet, biasa disebut dengan istilah sponsored review. Jenis ini bisa dikatakan bentuk iklan tidak langsung, artinya seringkali pengunjung atau pembaca tidak menyadari bahwa yang ia baca adalah sebuah iklan (tidak sedikit juga blogger yang terang-terangan menyampaikan jika tulisannya merupakan sponsored review).

Banyak perusahaan atau pemilik bisnis yang menginginkan ulasan tentang produk atau layanan mereka di sebuah blog. Nah, dalam hal ini blogger kemudian menulis sebuah ulasan atau review suatu produk, dan mereka dibayar untuk itu. Beberapa website juga menyediakan program sponsored review bagi blogger, salah satunya adalah PayPerPost.

Nah, itulah beberapa jenis periklanan internet yang paling umum digunakan oleh blogger untuk menghasilkan uang blog.

BAGIKAN
Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.