Mengenal Medan Sikunir: Bukit di Atas Langit

Bagi para pecinta sunrise dan juga yang suka melihat landscape pemandangan alam yang begitu indah. Bukit Sikunir bisa menjadi prioritas tujuan wisata anda. Karena ketika anda sudah berada di puncak bukit Sikunir. Anda akan melihat pegunungan lainnya yang begitu rendah. Anda seakan berada di atas awan dan anda akan melihat puncak gunung yang tinggi saja yang bisa menembus awan.

Belum lagi pemandangan alam yang lepas ditambah dengan pemandangan sunrise yang begitu indah. Di desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah bahkan termasuk bukit tertinggi di pulau Jawa dan sering disebut dengan desa di atas awan ini memiliki seribu keindahan didalamnya.

Iklan

Banyak sekali pecinta alam yang mendaki bukit ini terutama para pecinta alam dari Jogjakarta yang sengaja meluangkan waktunya untuk mendaki bukit sikunir ini. Namun sebelum anda berwisata ke bukit Sikunir sebaiknya anda mengetahui dahulu medan desa sembungan dan medan akses menuju ke bukit Sikunir agar perjalanan wisata anda semakin aman dan nyaman.

Desa Sembungan berada di atas komplek wisata Dieng. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan motor untuk sampai ke Desa Sembungan ini. Desa Sembungan adalah titik start anda menuju ke bukit Sikunir. Anda hanya bisa bisa mengendarai kendaraan bermotor sampai Desa Sembungan saja.

Kemudian untuk naik ke atas Anda diharuskan berjalan kaki. Karena rute menuju bukit Sikunir adalah Jalan Setapak. Oleh karena itu sebaiknya anda mempersiapkan fisik Anda sebelum naik ke bukit Sikunir. Di desa Sembungan udaranya sangat dingin dan seringkali terjadi hujan. Oleh karena itu sebaiknya anda membawa perlengkapan yang memadai sebelum naik ke atas bukit Sikunir.

Di desa Sembungan terdapat sebuah danau yang sangat indah. Warga sekitar menyebutnya dengan nama telaga cebong. Di sinilah tempat transit pertama anda sebelum bisa naik ke puncak bukit Sikunir ini. Medan untuk menuju puncak bukit Sikunir adalah jalan setapak dan menanjak yang terkadang ada juga bebatuan dan akar-akar pohon yang bisa anda gunakan sebagai alat pegangan.

Memakan waktu sekitar 30 menit sampai 45 menit tergantung kekuatan fisik anda. akan tetapi di perjalanan anda sudah disuguhi pemandangan alam yang luar biasa yaitu. Anda bisa melihat landscape pemandangan hutan yang begitu indah karena terlihat dari atas bukit. Di puncak pertama Anda bisa melihat awan berlarian yang berada di bawah kaki anda. Anda seakan terbang diatas awan dan anda seakan berada di atas awan. Ini adalah pemandangan pertama yang bisa anda nikmati di bukit Sikunir

Di bukit kedua sikunir terdapat gua alami yang belum terjamah oleh orang. Anda bisa melihat di dalam gua tersebut terdapat sedikit air yang menetes dari puncak gua namun gua ini hanya cukup untuk beberapa orang saja, sehingga harus bergantian masuk karena sempitnya celah gua.

Pada bukit tertinggi di bukit sikunir sudah terdapat kursi dari pohon kelapa yang ditata dengan indah. Di sini anda bisa duduk atau pun berdiri melihat betapa indahnya lanscape pemandangan dari bukit Sikunir. Betapa indahnya sunrise yang muncul dari bukit Sikunir. Gunung-gunung seakan berada di bawah kaki Anda.

Awan-awan berarak berlarian di bawah kaki Anda. Terkadang hanya puncak gunung tertinggi yang nampak menembus awan. Ini adalah pemandangan yang sangat indah yang bisa anda rasakan di bukit Sikunir desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa.

Iklan
loading...
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC