Mengenali Tinta Pengembang Sablon dan Cara Penggunaannya

Dengan seiring berkembangnya dunia mode, teknologi sablon pun ikut berkembang. Mulai dari sablon separasi, sablon digital dan sablon timbul.

Teknik sablon timbul sebenarnya sudah digunakan sejak lama. Tetapi masih banyak orang yang belum mengerti cara membuat sablon timbul. Sebenarnya untuk membuat sablon timbul ada tinta khusus yang bisa anda campurkan dalam pasta sablon yang biasa disebut dengan tinta foaming.

Iklan

Anda bisa membeli tinta pengembang ini di toko sablon terdekat. Jenis tinta yang biasa digunakan adalah tinta timbul merek Furukawa.

Adapun cara menggunakan tinta pengembang ini adalah sebagai berikut.

  1. Campurlah tinta pengembang ini dengan pigmen warna, untuk warna ini bisa anda sesuaikan dengan keinginan.
  2. Campurlah dengan penguat sablon atau yang sering disebut dengan binder.
  3. Biarkanlah sejenak.
  4. Tinta sablon Anda siap untuk digunakan.
  5. Setelah hasil sablon Anda dengan menggunakan tinta pengembang ini kering, pres hasil sablon dengan alat hot press.
  6. Setelah anda press maka hasil sablon anda akan timbul.

Jika Anda menginginkan hasil sablon Anda sangat timbul, Anda bisa mengulanginya pada tahap penyablonan dasar. Yaitu ketika sablon pertama Anda telah kering Anda bisa menyablonnya kembali. Setelah hasil sablon kedua ini kering baru Anda press, maka hasil sablon anda akan sangat timbul.

Biasanya hasil sablon tidak bisa timbul karena alat pres Anda masih dalam keadaan kurang panas. Karena untuk membuat sablon bisa timbul dengan baik maka alat hot press harus dalam keadaan benar-benar panas, yaitu berada pada suhu di atas 200 derajat celcius.

Selain itu permasalahan yang menyebabkan hasil sablon Anda tidak timbul adalah karena pada saat pengadonan jumlah tinta pengembang terlalu sedikit. Karena itu Anda bisa menambahkan tinta pengembang ini agak sedikit lebih banyak lagi agar hasil sablon anda bisa timbul dengan baik.

loading...
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC