Mengubah Emosi Negatif Menjadi Emosi Positif

Emosi merupakan salah satu sifat naluriah yang dimiliki oleh setiap manusia. Secara umum, emosi dibagi menjadi dua jenis, yaitu emosi positif dan negatif.

Emosi positif merupakan emosi yang kita arahkan untuk membuat diri kita menjadi lebih baik atau bisa kita buat sebagai jembatan untuk memacu semangat. Sedangkan emosi negatif merupakan emosi yang akan memberikan efek-efek buruk serta dapat menimbulkan kerugian baik bagi diri sendiri dan orang lain.

Kabar baiknya, sebenarnya efek dari emosi, dapat kita tentukan apakah akan mengarah pada emosi yang positif atau efek negatif. Berikut beberapa cara agar emosi dapat berdampak positif.

Membangun suasana yang baik di pagi hari

Ini merupakan suatu hal yang cukup penting. Sebab suasana hati (mood) saat bangun tidur akan mempengaruhi mood sepanjang hari. Oleh sebab itu, kita harus membuat energi-energi kecil yang menimbulkan kebahagiaan di pagi hari. Misalkan dengan lari pagi atau olahraga kecil, sarapan, minum teh bersama keluarga dan sebagainya.

Berpikir positif

Mungkin banyak hal dalam keseharian yang tidak berjalan sebagaimana yang diinginkan. Itu berdampak pada meningkatnya emosi negatif kita sehingga merusak mood sepanjang hari. Kenali lingkungan anda dan coba sambut hal yang tak sesuai perkiraan anda dengan baik.

Misalkan saja, anda gagal dipromosikan ke pekerjaan yang lebih baik. Coba buat diri anda menerima hal tersebut dan hukumlah diri anda dengan berusaha lebih baik dalam menangani berbagai pekerjaan dan jangan terlalu berlarut-larut menyalahkan diri sendiri.

Mengambil hikmah

Hal penting ketika sesuatu terjadi di luar keinginan adalah merenungi kejadian dan ambil hikmah di balik persoalan yang tengah kita hadapi. Terkadang kita butuh waktu luang untuk sendiri memikirkan banyak hal, sehingga pada akhirnya kita dapat mengambil pembelajaran dari apa yang terjadi.

Semua hal di atas dapat kita lakukan untuk menekan emosi negatif dan mengubahnya menjadi positif. Namun, hal tersebut tetap bergantung pada diri kita sendiri bagaimana menanganinya.

Jangan memendam terlalu lama emosi negatif atau kekecewaan atas kejadian yang tak sesuai dengan keinginan kita, sebab emosi negatif yang ditumpuk terlalu lama akan menimbulkan persoalan baru.

Mulailah untuk belajar mengubah emosi negatif menjadi emosi positif. Ubahlah emosi negatif tersebut dengan menyikapi segala hal dengan positif thinking dan positif feeling.

Ketika anda dapat melakukan hal tersebut, maka anda berada dalam sebuah mekanisme yang dapat mempengaruhi orang lain di sekitar anda untuk melakukan hal-hal positif dan pada akhirnya orang di sekitar anda secara otomatis akan juga memberikan energi positif kepada anda.

loading...
BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.