Meningkatkan Kualitas Diri: Terus ‘Bergerak’ Setiap Hari

Setiap orang tentu punya angan-angan tentang sebuah impian kelak di masa depan. Salah satunya adalah dengan belajar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, tidak salah memilih jurusan dalam belajar, serta semangat yang tinggi dan pantang menyerah.

Namun sebagaimana saya tuliskan dari judul di atas, masalah utama paling sulit, seringkali adalah sulitnya meyakinkan diri sendiri untuk bisa menggapai semua impian dan cita-cita itu. Kebanyakan dari kita lebih senang berandai-andai, alih-alih menyicil sedikit demi sedikit menuju apa yang ingin digapai. Itu lah sesungguhnya yang menjadi kendala terbesar dalam mewujudkan harapan.

Bisa dibayangkan jikalau kita hanya berandai-andai tanpa melakukan tindakan apapun. Apa yang kita dapatkan? Tidak ada bukan?

Semua hanya terasa sia-sia demi kepuasan kesenangan yang sifatnya semu.

Karena itu, alangkah baiknya kita terus berkiprah, mencari kesibukan. Yang terpenting  tidak diam, tapi terus begerak. Seperti mengasah bakat yang dimiliki, mencari kesibukan yang tidak biasa, melakukan observasi kajian, ataupun mengenali lingkungan sosial di sekitar. Dari situ perlahan passion yang ada dalam diri kita bisa keluar menjadi kepribadian yang baik.

Perlahan kualitas dalam diri sendiri akan muncul dan mewujudkan impian dan cita-cita. Cita-cita akan kehidupan yang baik pun akan dapat terwujud. Semua itu dapat kita raih jika mau melakukan semuanya dengan sungguh-sungguh.

BAGIKAN