Netprenaur Bisnis yang Paling Tepat untuk Mahasiswa

Sebenarnya waktu paling tepat untuk merintis sebuah usaha adalah ketika kita masih menjadi muda atau sejak masih jadi mahasiswa. Terutama bagi anda yang suka di bidang netpreneur. Karena pada saat kita menjadi mahasiswa kita belum memiliki banyak beban seperti orang-orang yang telah berkeluarga.

Mahasiswa hidup di lingkungan kampus yang sangat tepat untuk mengembangkan inovasi dan kreativitasnya. Karena yang Anda hadapi adalah orang-orang yang seusia dan sepemikiran dengan anda.

Iklan

Menjadi seorang netpreneur adalah bisnis yang paling tepat dijalankan oleh mahasiswa, karena anda tidak perlu meninggalkan kegiatan kampus. Netprenaur adalah bisnis yang sama sekali tidak akan mengganggu aktivitas perkuliahan, karena cukup dijalankan melalui internet sehingga, sehingga bisnis ini bisa dijalankan di mana pun dan kapan pun.

Banyak sekali jenis usaha yang bisa kita lakukan dengan internet misalkan, kursus bahasa Inggris online. Anda bisa menjual berbagai macam tutorial melalui web yang Anda bangun, menjadi seorang kreator video YouTube, menjadi penulis aktif dengan menjadi blogger-preneur, menjadi konsultan online, affiliator, desainer grafis online. Dengan segala jenis keahlian yang anda miliki, anda bisa jadikan sebagai peluang bisnis jika anda mau mempromosikannya secara online.

3 faktor pendukung untuk sukses menjadi seorang netpreneur ketika masih menjadi mahasiswa.

1. Fasilitas yang memadai

Seorang mahasiswa biasanya memiliki laptop dan smartphone yang bisa digunakan untuk tethering internet. Ini adalah modal yang sangat cukup untuk memulai sebuah bisnis berbasis online. Laptop dan koneksi internet adalah modal dasar untuk mendirikan sebuah bisnis berbasis online.

Dan hal yang paling hebat ketika Anda masih menjadi mahasiswa adalah, Anda tidak perlu modal untuk mengakses internet. Karena anda tinggal datang ke kampus duduk di areal kampus maka anda akan bisa mengakses internet sepuasnya, karena hampir di setiap universitas pasti telah menyediakan wifi gratis yang bisa diakses oleh para mahasiswanya.

Iklan

2. Memiliki banyak waktu luang

Sebanyak apapun SKS yang Anda ambil, sebagai seorang mahasiswa sebenarnya kita memiliki banyak sekali waktu luang, karena tidak 7 hari full kita akan kuliah dari pagi sampai sore. Dan jika dipadatkan, sebenarnya kita bisa kuliah hanya dalam waktu 3 hari saja, dan yang 3 hari bisa kita gunakan untuk mendirikan bisnis online yang kita inginkan.

Jika memang Anda tidak suka memadatkan jadwal kuliah yang menyebabkan Anda harus berkuliah dari pagi hingga sore hari, Anda bisa menggunakan jadwal kuliah biasa. Di sore atau malam hari, ada banyak waktu luang yang bisa digunakan.

3. Mudah untuk fokus dalam menjalankan bisnis

Anda berada di masa yang benar-benar strategis untuk menjalankan sebuah bisnis. Ketika Anda berada di rumah, baru membuka laptop saja kita sudah disuruh orang tua, terganggu oleh adik, atau berbagai macam kegiatan yang bisa memecah konsentrasi anda.

Sedangkan saat Anda masih menjadi mahasiswa, waktu itu benar-benar milik anda. Ketika anda memilih tinggal di kos-kosan, tidak akan ada yang mengganggu, jika Anda benar-benar mempersiapkan diri untuk fokus mendirikan bisnis online yang berhasil.

Di area kampus Anda bisa standby di perpustakaan agar bisa fokus dan tenang. Di dalam kampus anda bisa cari tempat-tempat yang menurut anda strategis dan nyaman untuk membangun bisnis anda.

Ini adalah 3 faktor yang bisa membuat Anda sukses di bisnis netpreneur jika dirintis sejak masih menjadi mahasiswa. Contoh kecil, menjadi blogger ketika kita masih kuliah, maka Anda tidak akan kehilangan ide menulis, karena Anda langsung dihadapkan dengan ribuan buku yang ada di perpustakaan, melihat berbagai macam kegiatan yang mahasiswa lakukan dan itu semua bisa menjadi ide tulisan.

Jika anda memiliki kemampuan bahasa asing, Anda bisa membuka kursus secara online. Anda memiliki teman kuliah yang memiliki pabrik batik misalkan, Anda bisa menjualkan produk sahabat anda secara online, menjadi marketingnya secara langsung. Dan beragam ide bisnis lainnya yang bisa Anda jalankan ketika Anda masih menjadi mahasiswa.

Ingat kawan, ilmu yang paling besar yang ada di kampus sebenarnya bukan pada materi perkuliahannya, akan tetapi lingkungan kampus inilah yang memiliki banyak sekali ilmu-ilmu yang sesungguhnya

Misal kita bertemu dengan orang yang memiliki keilmuan yang berbeda, kita bisa sharing. Oleh sebab itu terkadang orang yang mengambil jurusan pendidikan bisa menjadi seorang pengusaha karena dia bertemu dengan orang-orang yang memiliki ide-ide bisnis dan kreativitas yang tinggi.

Atau misalkan juga ada seorang dokter yang menjadi pengusaha karena dia berada pada lingkungan kampus yang mudah untuk sharing dan mendapatkan ilmu itu dari kawan-kawan kita sendiri.

Jangan sia-siakan kesempatan Anda ketika masih berada di kampus, carilah ilmu sebanyak-banyaknya, baik ilmu formal yang ada di dalam kelas maupun informal yang ada di lingkungan kampus. Good Luck!

Iklan
loading...
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC