PageRank: Mengenal Lebih Dekat tentang PageRank Google

Apa yang dimaksud dengan PageRank? Darimana ia berasal? Seberapa pentingkah bagi website Anda?

PageRank adalah apa yang digunakan Google untuk menentukan seberapa ‘penting’ sebuah halaman web. Ini merupakan satu dari banyak faktor yang dipakai Google guna menentukan halaman mana yang akan dimunculkan di hasil pencarian.

Sejarah PageRank

PageRank dikembangkan oleh pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Standford. Waktu itu saat Page dan Brin bertemu, mesin pencari cenderung ‘memenangkan’ halaman web yang memiliki densitas keyword tertinggi, yang artinya orang dapat dengan mudah ‘mempermainkan’ sistem mesin pencarian dengan mengulang frasa atau kaca kunci lagi dan lagi untuk mendapatkan ranking hasil pencarian yang tinggi.

PageRank dipatenkan atas nama Standford. Sedangkan nama PageRank sendiri sepertinya berasal dari nama Larry Page.

Apa yang diukur oleh PageRank?

PageRank mengukur seberapa penting sebuah halaman web.

Teori Page dan Brin menyatakan bahwa seberapa penting halaman web di internet, adalah halaman yang memiliki tautan (link) paling banyak yang mengarah kepadanya. PageRank menilai link seperti layaknya voting, dimana laman yang memberikan link ke laman lain dianggap memberi bukti bahwa halaman tersebut ‘bernilai’ dan penting.

✔ Populer :  Cara Mempercepat Masa Propagasi Domain

Hal ini cukup bagus, karena orang akan cenderung akan memberikan link kepada konten yang relevan, dan sebuah laman dengan banyak link kepadanya, biasanya memiliki kualitas lebih baik dibanding laman yang tidak memiliki link.

Namun PageRank tidak berhenti di sini. Ia juga melihat peringkat (nilai kualitas) dari laman yang memberikan link. Halaman dengan PageRank lebih tinggi memiliki bobot lebih besar dalam ‘nilai voting’ terhadap link yang ada padanya, dibanding dengan laman ber-PageRank lebih rendah.

Dengan kata lain, link yang berasal dari laman dengan PageRank lebih tinggi, nilainya lebih besar. Kemudian PageRank juga akan melihat seberapa banyak link keluar yang dimiliki halaman tersebut. Halaman dengan jumlah link lebih banyak memiliki bobot lebih rendah.

Seberapa pentingkah PageRank?

PageRank adalah satu dari banyak faktor yang menentukan apakah laman web memenangkan persaingan dan muncul di hasil pencarian Google, namun jika semua faktor lainnya dianggap sama, PageRank memiliki pengaruh sangat signifikan terhadap ranking Google web Anda.

✔ Populer :  Pengertian SEO secara Sederhana (Dasar-Dasar SEO)

Adakah kekurangan pada PageRank?

Tentu saja, ada kekurangan atau celah pada sistem PageRank. Saat orang telah mengetahui ‘rahasia’ untuk memperoleh ranking lebih baik pada pencarian Google, maka data link dapat dimanipulasi.

Adalah ‘link farming’, suatu istilah yang mengacu pada upaya-upaya memanipulasi PageRank. Ia adalah praktik memberi link tanpa memikirkan relevansi halaman yang ditautkan, dilakukan secara masif, dan biasanya secara otomatis. Jika Anda pernah menemukan sebuah laman web yang tidak berisi apapun, kecuali koleksi tautan ke web lain secara acak, kemungkinan besar yang Anda lihat itulah bagian dari link farming.

Google kemudian memperbarui atau memperbaiki kalkulasi mereka guna menyaring tautan yang berasal dari link-farming. Inilah salah satu alasan mengapa mengirim website Anda ke direktori dengan PageRank rendah atau tanpa PageRank sama sekali, bukan lah ide yang bagus.

Bagaimana saya melihat PageRank?

PageRank diukur pada skala 1 – 10, dan diberikan kepada halaman tunggal dari sebuah website, bukan pada seluruh website tersebut. Untuk menemukan PageRank satu laman, Anda bisa menggunakan Google Toolbar, atau tools lain yang banyak tersedia online. Sangat sedikit laman yang memiliki PageRank 10, terutama saat ini dimana jumlah laman internet bertambah secara drastis.

✔ Populer :  Cara Menggunakan Kalkulator di Pencarian Google

Bagaimana cara meningkatkan PageRank?

Jika Anda ingin meningkatkan PageRank halaman website Anda, maka Anda memerlukan ‘backlink’, yaitu link dari laman web lain yang mengacu pada laman web Anda. Cara terbaik meningkatkan backlink juga PageRank adalah dengan memiliki konten berkualitas, di mana orang lain suka dan ingin memberikan link ke laman Anda secara sukarela.


Update:
Saat ini PageRank tidak lagi ditampilkan secara terbuka, dan Google meski tidak secara resmi, mulai menurunkan faktor backlink sebagai salah satu faktor penting untuk menentukan ranking sebuah laman web.

BAGIKAN