Panduan Bepergian Membawa Bayi Naik Pesawat Terbang

Bepergian membawa serta bayi di bawah usia 3 (tiga) bulan dengan naik pesawat terbang, sangat tidak dianjurkan. Selain itu, setiap maskapai penerbangan memiliki peraturan yang berbeda terhadap keselamatan dan kenyamanan bayi.

Sebagai orangtua yang memiliki bayi, bila akan terbang dengan pesawat, Anda harus siap menghadapi kondisi yang mungkin membuat ketidaknyaman bagi bayi Anda saat berada dalam pesawat.

Berikut beberapa tips terbang aman dengan bayi yang mesti diketahui oleh orang tua:

Perhatikan usia bayi

Maskapai penerbangan memiliki peraturan yang berbeda terhadap keselamatan dan kenyamanan bayi. Biasanya bayi usia 3 (tiga) bulan ke atas sudah diperbolehkan untuk ikut terbang dengan pesawat.

Membeli tiket bayi

Walaupun bayi dengan usia 3 bulan sampai 2 tahun tidak memiliki tempat duduk sendiri cuma di pangku tapi mereka juga wajib membeli tiket khusus bayi di bawah harga tiket orang dewasa dan ketika akan berangkat ke bandar udara sebagai orangtua adalah wajib membawa akta kelahiran bayi dan paspor untuk penerbangan luar negeri.

Selain itu, ada beberapa maskapai penerbangan tidak mewajibkan orangtua membeli tiket pesawat untuk bayi dengan kata lain gratis, tapi bayi di usia tiga tahun ke atas sudah diwajibkan membeli tiket dengan tempat duduk sendiri.

Pilih penerbangan malam untuk jarak jauh dan siang untuk jarak dekat

Bayi usia 1-2 tahun belum bisa berbicara sehingga mereka susah untuk diajak berkomunikasi, apalagi untuk mengaturnya dan mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain.

Dan sebagai orangtua ketika akan bepergian dan membawa bayi untuk terbang naik pesawat, maka pilih jadwal penerbangan malam untuk jarak jauh dan jarak dekat, pilih jadwal penerbangan siang, waktu tersebut adalah waktu terbaik bagi mereka untuk menghabiskan waktunya dengan tidur.

Susui bayi ketika pesawat akan mendarat dan lepas landas

Menyusui bayi ketika pesawat akan mendarat dan lepas landas. Menelan dapat membantu bayi terhindar dari sakit telinga akibat perubahan tekanan udara, yang bisa membuat mereka menjadi rewel.

Membawa perlengkapan bayi secukupnya

Bawalah perlengkapan penting untuk melindungi dan menjaga kenyamanan bayi, seperti popok dan selimut.

Meminta bantuan pramugari

Jangan malu untuk meminta bantuan kepada pramugari karena mereka sudah memiliki banyak pengalaman dalam mengatasi bayi rewel dan masalah terkait lainnya dengan bayi.

Itulah beberapa tips aman terbang bersama dengan bayi. Semoga bermanfaat.

BAGIKAN