Berikut adalah beberapa pengertian kepribadian menurut para ahli yang berdasarkan susunan teori, penelitian dan analisa :

1. Gordon Willard Allport

Gordon Willard AllportKepribadian adalah organisasi dinamis dalam individu sebagai sistem psikofisis (jasmani dan rohani) yang menentukan caranya yang khas dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

2. Krech dan Crutchfield

David KrechDavid Krech dan Richard S. Crutchfield (1969) dalam bukunya yang berjudul Element of Psychology, menyatakan bahwa kepribadian adalah integrasi dari semua karakteristik individu ke dalam suatu kesatuan yang unik dan dimodifikasi oleh usaha-usahanya dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang berubah secara terus-menerus.

3. Adolf Heuken S.J.

Adolf Heuken S.JDalam bukunya yang berjudul Tantangan Membina Kepribadian, ia menyatakan bahwa kepribadian adalah pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan serta kebiasaan seseorang, baik jasmani, mental, rohani, emosional maupun sosial. Semua ini telah ditata secara khas di bawah beraneka pengaruh dari luar. Pola ini terwujud dalam tingkah lakunya, dalam usahanya menjadi manusia sebagaimana dikehendakinya.

4. John William Atkinson

John William AtkinsonKepribadian adalah pola pikiran, emosi dan perilaku yang berbeda dan karakteristik yang menentukan gaya personal individu dan mempengaruhi lingkungan.

5. Harry Stack Sullivan

Harry Stack SullivanKepribadian merupakan pola yang relatif dari situasi hubungan antara pesan yang ditandai kehidupan manusia, kepribadian ini tidak dapat dipisahkan dari situasi hubungan individu dengan orang lain. Tingkah laku yang bersifat sosial juga dianggap sebagai kepribadian.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kepribadian adalah organisasi dinamis dalam individu yang berhubungan dengan jasmani, rohani, emosional maupun sosial yang secara terus menerus akan tumbuh dan berkembang pada masing-masing individu.

loading...
BAGIKAN
penyuka kopi & coklat serta penikmat senja :)