Pengertian Pendelegasian Wewenang

Delegasi, menurut M. Manulang adalah kegiatan seorang menejer untuk menugasi bawahannya untuk mengerjakan sebagian dari tugas menejer dan pada waktu yang bersamaan memberikan kekuasaan kepada bawahan tersebut. Sehingga bawahan dapat melaksanakan tugas-tugas itu dengan sebaik-baiknya dan dapat mempertanggungjawabkan hal-hal yang didelegasikan kepadanya.

Delegasi bisa diartikan sebagai pelimpahan dari tanggung jawab seseorang atas sebuah aktivitas tertentu kepada orang lain yang bertujuan untuk menggunakan sumber daya seseorang tersebut secara efisien. Pendelegasian wewenang juga bisa diartikan sebagai pemberian tanggung jawab dari seorang manajer kepada bawahannya agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebaik-baiknya.

Dengan adanya pendelegasian wewenang diharapkan mampu menciptakan pembagian kerja dan hubungan dalam pekerjaan serta adanya kerjasama dalam sebuah institusi organisasi maupun perusahaan secara baik dan optimal.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pendelegasian wewenang adalah proses bertahap yang menciptakan pembagian kerja, hubungan kerja, dan adanya kerja sama dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Adapun jenis-jenis wewenang yang sering kita jumpai adalah sebagai berikut:

1. Wewenang garis

Seseorang yang memiliki wewenang garis memiliki kekuasaan untuk mengambil sebuah keputusan dalam institusi perusahaan maupun organisasi dan orang yang memiliki wewenang garis bertanggung jawab atas keputusan yang telah diambil.

2. Wewenang staf

Seseorang yang memiliki wewenang pada batasan staf tidak memiliki kekuasaan untuk mengambil sebuah keputusan tertentu. Melainkan dia hanya memberikan data dan informasi serta saran-saran untuk membantu agar sebuah keputusan bisa bekerja secara efektif dan efisien dalam mencapai sebuah tujuan dari institusi perusahaan maupun organisasi.

Seseorang yang memiliki wewenang staf tidak bertanggung jawab secara langsung atas keputusan yang telah dibuat oleh lini tertinggi dalam sebuah organisasi. Karena fungsi dan tugasnya hanya memberikan data dan informasi serta saran-saran yang akan dipakai oleh manajer maupun tingkatan di atasnya.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC