Pentingnya Koordinasi dalam Berorganisasi

Organisasi adalah sekumpulan manusia yang memiliki tujuan yang sama dan terdiri dari tiga unsur yang saling berhubungan yaitu: sekelompok manusia, kerjasama dan tujuan yang melandasi dari berdirinya sebuah organisasi.

Untuk mewujudkan tujuan dari organisasi dan agar tujuan tersebut organisasi itu tercapai secara maksimal dan efisien, maka dibutuhkan adanya koordinasi.

Koordinasi adalah usaha sistematis yang mengusahakan keselarasan, keseimbangan antara pekerjaan seseorang dengan orang lain, antara bagian satu dengan bagian yang lain. Sehingga diharapkan tidak akan terjadi kesimpangsiuran, ketidaktepatan dalam bekerja bersama-sama. Hal ini memungkinkan terjadinya efektivitas dalam sebuah pekerjaan.

Koordinasi antar bagian di dalam organisasi bertujuan agar tidak terjadi tumpang tindih wewenang, kekacauan, percekcokan, dan berbagai masalah lainnya yang tidak diharapkan. Itu lah pentingnya koordinasi dalam sebuah organisasi adalah untuk memanajemen dan untuk mengusahakan terjadinya keselarasan dan keseimbangan antara pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang dengan yang lainnya di dalam organisasi tersebut.

Untuk membuat  koordinasi dalam organisasi dapat berlangsung dengan baik. Maka dibutuhkan adanya pemberian wewenang yang sesuai dengan bidang kerjanya masing-masing. Sehingga dengan adanya pembagian tugas dan wewenang yang sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing dapat menghindari kesimpangsiuran dan juga tumpang tindihnya tugas dan tanggung jawab di dalam satu bagian dan bagian yang lainnya dalam sebuah organisasi.

✔ Populer :  8 Sifat yang Harus Dimiliki oleh Seorang Wirausahawan Sejati

Jika dalam organisasi harus terdapat the principle of coordination (asas koordinasi), maka di dalam koordinasi sendiri harus memiliki sens of cooperation yaitu perasaan untuk bekerjasama. Mustahil dalam sebuah organisasi dapat tercipta koordinasi yang baik, jika orang-orang yang ada di dalamnya tidak memiliki rasa untuk saling bekerja sama antara bagian yang satu dan lainnya.

Jika rasa saling bekerja sama antar bagian dalam organisasi sudah berkembang dengan baik maka tujuan dari berdirinya organisasi akan bisa tercapai dengan efisien. Karena terhindar dari ketimpangan informasi dan kesimpangsiuran kewenangan antara bagian satu dan bagian yang lain.

Kesimpulannya, dalam organisasi yang baik terdapat sistem koordinasi yang baik. Di dalam sistem koordinasi yang baik terdapat kerja sama yang baik antar bagian dalam organisasi.

Sekali lagi, organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama, sesuai dengan tujuan organisasi itu dibentuk. Untuk mencapai tujuan bersama itu tidak bisa dilakukan oleh satu bagian organisasi saja, akan tetapi dibutuhkan kerjasama seluruh bagian di dalamnya.

BAGIKAN
PAYTREN BISNISNYA USTADZ YUSF MANSUR pengen penghasilan tambahan WA/sms : 0852 0160 6992