Percayalah: 6 Tips Jitu Ini Efektif Menghilangkan Stres Berat

Hidup tak pernah luput dari masalah. Setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri-sendiri, baik masalah perekonomian, pekerjaan, sekolah, kuliah, pertemanan, percintaan, keluarga ataupun masalah lainnya. Namun masalah ini janganlah dijadikan beban pikiran yang bisa mengakibatkan stres berat dan bingung untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Stres yang berkepanjangan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, bahkan gangguan jiwa.

Berikut 6 tips jitu mengatasi stres dan solusinya:

Bernafas dalam-dalam

Menurut pakar psikolog, menghela nafas secara lembut dan dalam beberapa menit, dapat sangat bermanfaat karena bisa mengurangi stres dan diri menjadi lebih tenang. Dengan bernafas teratur dan dalam, hormon endorphin (hormone rileksasi) meningkat secara optimal. Akan lebih baik dengan yoga sambil menarik nafas dalam-dalam. Olahraga ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga mengendurkan saraf-saraf pusat yang mengalami ketegangan.

Mendengarkan musik favorit

Mendengarkan musik kesukaan, membuat rileks saraf-saraf secara optimal. Dengan mendengarkan musik berirama lembut juga membantu kita menjadi lebih senang dan bahagia.

Berpikir positif

Berfikir positif sangatlah berguna untuk menghilangkan stres berat sekaligus meringankan masalah yang kita hadapi. Cobalah untuk selalu berpikir positif. Selalu berpikir bahwa Tuhan akan memberikan yang terbaik di kemudian hari, dan bahwa Anda akan sukses dan berhasil melewati kesulitan dalam hidup. Dengan ini, pikiran akan tenang dan stres akan menghilang.

Tertawa dan berteriak lepas

Tertawa adalah salah satu bentuk ekspresi rasa bahagia. Cobalah mencari sesuatu yang bisa membuat Anda tertawa, misalnya dengan cari video lucu di Youtube, stand up comedy atau lainnya.

Jika anda tetap merasa sulit untuk tertawa, berteriak lepas juga bisa dicoba. Namun pastikan Anda berteriak di tempat yang tidak mengganggu orang lain, seperti di pantai, bukit, perkebunan luas atau gunung.

Lakukanlah refresing otak

Lakukanlah kegiatan untuk menyegarkan otak dengan berwisata dengan keluarga misalnya, atau teman atau pun kekasih tercinta. Jika Anda tidak memiliki rekan untuk berwisata, pergi sendiri pun juga tidak masalah. Pergilah ke tempat yang menyenangkan atau tempat berudara sejuk yang indah, melepaskan sejenak semua masalah yang Anda hadapi. Dengan ini stres Anda sedikit banyak akan berkurang, bahkan banyak orang bisa mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi setelah berwisata.

Mencoba menuntaskan masalah

Mengatasi stress yang sesungguhnya adalah menuntaskan masalah yang anda hadapi itu sendiri. Bagaimana pun solusinya Anda harus menyelesaikannya. Semakin cepat terselesaikan, semakin baik. Selesaikanlah masalah dengan sabar dan mintalah bantuan orang yang lebih ahli untuk mendapatkan solusi.

Demikianlah 6 tips jitu menghilangkan stres berat dan solusinya, semoga tips di atas dapat membantu Anda keluar dari stres berat atau kerumitan pikiran akibat masalah yang belum terselesaikan.

Hindarilah cara-cara negatif seperti menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain, mabuk-mabukan atau lari dari masalah. Karena cara-cara itu tidak akan menyelesaikan masalah anda, tapi justru akan menambah masalah baru.

BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.