Perempuan-perempuan yang Disebut dalam Al-Quran

Ada satu nama wanita yang disebut namanya dalam Qur’an. Dan beberapa lainnya diceritakan dalam Qur’an tanpa menyebut nama, dan kita tahu nama-nama mereka dari kisah-kisah atau tradisi Islam. Mereka adalah:

Mariyam РMariyam adalah ibu dari Nabi Isa as (Yesus). Dia adalah satu-satunya perempuan yang disinggung dalam Quran dengan menyebut nama. Kisah tentangnya diceritakan dalam banyak surat berbeda, bahkan surat ke-19 Quran diberi nama dengan namanya.

Hawa – Hawa adalah istri Nabi Adam as, dan mereka berdua diciptakan langsung oleh Allah swt. Dalam literatur barat, Hawa dikenal dengan sebutan “Eve” atau “Eva” (QS. 4:1)

Sarah – Dalam sejarah tradisi Islam, Sarah adalah istri dari Nabi Ibrahim as, yang memberinya putra yaitu Nabi Ishaq ketika telah memasuki usia senja. (QS. 11:71-72)

Hajar РDia adalah istri muda Nabi Ibrahim yang melahirkan Ismail. Selama pelaksanaan ibadah haji, muslim diajak menghidup-hidupkan kembali perjuangannya ketika mencari sumber air di sebuah lembah dekat kota Mekah. (QS. 2:158)

Asiyah – Asiyah diceritakan sebagai istri dari Fir’aun, yang telah merawat Nabi Musa sejak bayi. Ia melindungi Musa dan membelanya di hadapan suaminya. (QS 66:11)

loading...
BAGIKAN