Perhatikan 3 Nasihat Penerbit Ini Sebelum Menulis Buku

Membuat sebuah karya tulis yang diterbitkan adalah kebanggaan bagi semua penulis. Tetapi bagi anda yang belum pernah menulis buku apalagi menerbitkan sebuah buku sebaiknya membaca tiga nasehat penerbit agar naskah kamu cepat diterima oleh penerbit.

1. Tentukan target baca Anda

Ketika anda menulis sebuah karya biasanya penulis pemula akan menulis novel maupun cerpen. Jika anda akan menulis cerpen maupun novel tentukanlah target baca Anda. Apakah dia adalah seorang pelajar, mahasiswa, ataupun yang lainnya. Sehingga dengan target baca ini anda bisa menentukan kira-kira cerita, alur, dan tema apa yang cocok untuk Anda bahas di dalam karya Anda.

Ketika Anda sudah memahami target baca Anda maka karya Anda akan lebih mengena di hati mereka. Karena akan lebih sinkron dengan keadaan mereka sekarang ini, baik dari penjiwaan maupun dari alur cerita dan tema yang akan Anda hadirkan.

2. Menentukan gaya bahasa yang tepat

Tidak semua orang menyukai gaya bahasa yang terlalu puitis, namun ada juga orang yang sangat menyukai gaya bahasa puitis dan romantis. Oleh karena itu Anda harus bisa menentukan gaya bahasa yang tepat sesuai dengan target baca anda. Jika novel yang anda buat ditujukan kepada para remaja yang kekinian Anda bisa memasukkan bahasa alay dan bahasa gaul lainnya ke dalam novel yang anda buat dan hal ini akan mudah diterima oleh mereka.

Bahkan menjadi bumbu yang akan membuat novel anda menjadi lebih menarik. Tetapi jika target baca Anda adalah seseorang yang sudah dewasa dan berpendidikan tinggi, sebaiknya anda jangan menggunakan bahasa-bahasa alay dan kekinian. Karena biasanya mereka kurang suka dengan bahasa-bahasa lebay dan juga dengan singkatan tulisan yang tidak akurat.

3. Mulailah menulis dari hal-hal yang Anda sukai

Ini adalah nasihat dari penerbit buku bagi calon penulis atau para penulis pemula. Jadi ketika anda menulis jangan takut untuk menulis sesuatu yang Anda sukai dan jangan membuat sesuatu itu menjadi sulit. Tulis apa saja yang ingin anda tulis, mulailah menulis dari hal-hal yang anda sukai. Baru dari tulisan itu nanti akan bisa Anda rangkai menjadi sebuah cerita maupun jenis karangan lainnya.

Inilah beberapa nasihat dari beberapa penerbit yang bisa anda jadikan sebagai masukan ketika anda ingin membuat naskah buku yang akan anda kirimkan kepada penerbit.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC