Persiapan Sebelum Perjalanan Wisata

Sobat traveller….persiapan sebelum perjalanan wisata sangat penting karena merupakan faktor utama dan wajib disiapkan sebelum sobat traveller akan melakukan perjalanan wisata.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan wisata, antara lain:

1. Merencanakan lokasi tujuan Perjalanan Wisata

Merupakan awal melakukan perjalanan wisata, jauh dekatnya rute yang akan ditempuh, kendaraan apa yang akan kita pakai, selain mempertimbangkan faktor keamanan tempat tujuan wisata.

2. Mengumpulkan Informasi tujuan tempat wisata

Mengumpulkan informasi dapat dilakukan melalui Internet, TV, radio atau media lain yang dapat menunjang tentang hal hal yang dibutuhkan selama melakukan perjalanan wisata dan sekarang hampir semua informasi sudah tersedia. Biasanya informasi mengenai lokasi wisata, cuaca, transportasi yang dapat digunakan untuk menuju tempat tersebut, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

3. Mencari (reservasi) Penginapan dan Transportasi

Ya….apalagi kita berwisata akan menghabiskan waktu berhari-hari tetapi sobat tidak memiliki tempat penginapan pribadi, akan lebih baik sebelum berangkat agar memesan tempat penginapan dan memesan tiket transportasi yang ingin digunakan (pesawat, bus, kereta api, kapal laut,dll).

4. Pengaturan Jadwal Perjalanan

Mengatur jadwal perjalanan dengan cermat sangat memberikan manfaat dalam berwisata, yaitu mulai dari berangkat, selama perjalanan, saat melakukan wisata dan hingga pulang.

5. Pemandu Wisata

Jika berwisata ke suatu tempat yang baru, akan lebih menyenangkan bila menggunakan jasa pemandu wisata lokal, karena dapat menanyakan secara langsung tentang hal – hal yang ingin ketahui, hemmm enak lagi klo pemandunya teman kita sendiri, kan bisa gratis hehe.

6. Membawa Dokumen Penting

Membawa serta dokumen penting saat melakukan perjalanan wisata, seperti: KTP, SIM, nomor telepon darurat, kartu ATM, kartu kredit, hehe buat jaga-jaga siapa tau ada razia.

7. Membawa Uang Tunai

Tidak kalah pentingnya yaitu membawa uang tunai. Menggunakan uang tunai bertujuan untuk memudahkan melakukan transaksi, karena mesin ATM tidak banyak tersedia di tempat tujuan wisata pada saat melakukan transaksi.

8. Mempersiapkan perlengkapan pribadi

Perlengkapan pribadi teramat sangat dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan perjalanan wisata, contoh: pakaian, peralatan mandi atau make-up bagi para wanita, adapter, dll. Dan yang terlebih penting lagi kotak P3K yang berisi plester, perban, betadine dan obat-obat lain yang penting.

9. Perekam Video, audio dan foto

Tentunya tidak ingin melewatkan atraksi wisata di tempat yang dikunjungi. Satu kegiatan yang paling di suka adalah hunting foto, selfie, tapi kita harus tetap hati-hati dan waspada, asyik selfi tahu-tahu malah kepleset…

Demikian Ulasan mengenai persiapan sebelum kita melakukan perjalanan wisata…semoga bermanfaat.

loading...
BAGIKAN
Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.