Rangkaian Kapasitor Seri dan Paralel

Rangkaian kapasitor ada dua macam yaitu rangkaian seri dan paralel. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel rangkaian listrik seri dan paralel, rangkaian kapasitor seri berarti kapasitor dirangkai secara berurutan. Sedangkan kapasitor yang dirangkaian paralel berarti kapasitor tersebut dihubungkan sejajar dengan power supply dan juga kapasitor lain.

Rangkaian kapasitor seri

Rangkaian Kapasitor Seri dan Paralel
rangkaian kapasitor seri

Kapasitor yang dirangkai seri seperti pada gambar mengikuti hukum ohm dimana tegangan pada setiap kapasitor berbeda-beda. Dan nilai kapasitansi totalnya adalah:

Rangkaian Kapasitor Seri dan Paralel

n = banyaknya kapasitor

Rangkaian ini berguna ketika dibutuhkan nilai kapasitansi yang lebih kecil dari kapasitor yang tersedia. Dengan merangkai kapasitor dengan rangkaian seri, kita bisa memanipulasi nilai kapasitansi sesuai dengan yang kita butuhkan.

Rangkaian kapasitor paralel

Rangkaian Kapasitor Seri dan Paralel
rangkaian kapasitor paralel

Sesuai dengan hukum ohm juga, kapasitor yang dirangkai paralel akan memiliki beda tegangan yang sama besar karena langsung terhubung ke catu daya. Sedangkan untuk menghitung kapasitansi total, kita tinggal menjumlahkan nilai kapasitansi masing-masing kapasitor.

Rangkaian Kapasitor Seri dan Paralel

Dalam prakteknya, seringkali kapasitor digunakan sebagai rangkaian tapis atau filter. Cara merangkaianya cukup hubungkan kapasitor secara paralel dengan beban. Secara teori kapasitor filter dapat menyaring sinyal-sinyal yang tidak diinginkan sehingga alat elektronik anda akan jauh lebih lama umurnya.

✔ Populer :  Rangkaian Suara Sirine Menggunakan IC555

Selain itu kapasitor juga digunakan dalam impedans matching yaitu suatu cara untuk menghilangkan nilai imaginer impedans antara sistem dan beban. Sehingga transfer daya dapat berlangsung secara maksimal dan tidak ada daya yang dikembalikan oleh beban ke sistem. Kasus nyatanya misalkan saja sistem yang kita punya adalah MP3 player. Dan beban yang kita gunakan adalah earphone.

Saat kita menggunakan MP3 player dan earphone, impedansi kedua alat tersebut haruslah match (cocok), sehingga tidak ada daya yang dikembalikan oleh earphone ke MP3 player. Keuntunganya umur MP3 player akan lebih awet. Oleh karena itu pastikan setiap perangkat elektronik yang kita gunakan memiliki impedans matching, atau jika tidak mau repot, biasanya perangkat peripheral dengan merk sama sudah didesain agar impedans-nya matching. Jadi jangan sembarang memadukan dua alat yang berbeda merek termasuk charger, earphone dll.

Selain sebagai filter, rangkaian kapasitor juga berguna untuk memperbaiki faktor daya. Karena pada praktekya terjadi perbedaan daya yang kita ukur menggunakan multimeter dengan daya sesungguhnya. Perbedaan ini dikarenakan adanya daya reaktif karena komponen induktor (kebanyakan) dan kapasitor itu sendiri. Sehingga dengan dipasangi kapasitor, diharapkan efisiensi penggunaan daya listrik semakin tinggi.

✔ Populer :  Rangkaian Lampu Tidur Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya LDR

Demikian penjelasan singkat mengenai rangkaian kapasitor. Semoga bisa menambah wawasan kita semua. baca juga artikel menarik lainya seperti rangkaian power supply, rangkaian suara sirine menggunakan ic555, dan rangkaian listrik seri dan paralel. Sekian, Salam Engineer.

BAGIKAN
Seorang mahasiswa yang ingin hidup mandiri dan bermanfaat bagi orang lain. kontak hubungi mohnurfauzan18@gmail.com

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.