Rangkaian Sensor Cahaya

Rangkaian sensor cahaya merupakan rangkaian elektronika  yang peka terhadap sinar cahaya. Berkas cahaya yang mengenai sensor cahaya akan diolah  menjadi keluaran sinyal baik itu arus maupun tegangan. Beberapa komponen elektronika yang peka terhadap cahaya, diantaranya LDR (light dependent resistor), photo diode, dan photo transistor. Semua komponen tersebut dapat dirangkai menjadi rangkaian sensor cahaya.

Prinsip kerja semua sensor cahaya hampir sama yaitu dengan menyerap energi yang terkandung dalam foton (partikel cahaya) untuk menggerakan elektron dalam komponen tersebut. Dengan bergeraknya elektron, maka timbullah arus listrik. Menurut hukum ohm, arus listrik yang mengalir melewati suatu hambatan maka akan terjadi beda tegangan. Dengan kemunculan arus dan tegangan inilah akhirnya sensor cahaya dapat dimanfaatkan dalam dunia elektronika secara luas untuk diberbagai perangkat elektronika.

Dari tiga komponen sensor cahaya yang sudah disebutkan sebelumnya, pada kesempatan ini kita hanya akan membahas salah satunya saja yaitu rangkaian sensor cahaya menggunakan LDR. LDR adalah salah satu resistor variabel yang nilai resistansinya berubah-ubah sebanding dengan intensitas cahaya yang mengenainya. Semakin tinggi intensitas cahaya, semakin kecil hambatan LDR. Sebaliknya semakin sedikit sinar yang mnegenai LDR, semakin tinggi pula resistansinya. Oleh karena itu LDR bisa disebut juga sensor cahaya.

✔ Populer :  Rangkaian Suara Monyet Menggunakan IC555
Rangkaian sensor cahaya pengendali motor DC
Rangkaian sensor cahaya pengendali motor DC

Gambar rangkaian sensor cahaya diatas menggabungkan LDR dengan transistor sebagai pengendali motor DC yang kepekaanya dapat diatur menggunakan potensiometer. Cara kerja rangkaian sensor cahaya pengendali motor tersebut adalah ketika LDR dalam keadaan gelap, motor DC akan berputar. Sedangkan ketika LDR terpapar cahaya dengan intensitas yang cukup, maka putaran motor akan berhenti secara perlahan.

Konsep sensor cahaya diatas dapat diaplikasikan dalam berbagai masalah sehari-hari. Misalkan saja sensor cahaya untuk membuat rangkaian lampu otomatis, dimana lampu akan mati ketika cahaya matahari sudah cukup terang dan kembali menyala diwaktu matahari meredup. Rangkaian sensor ini banyak terdapat di lampu-lampu tepi jalan di kota besar. Dengan penerapan teknologi sensor cahaya ini maka pemborosan energi listrik karena kelalaian manusia bisa diminimalisir. Penerapan lain dari teknologi sensor cahaya diantaranya sensor cahaya dalam pembuatan pintu otomatis, anemometer (alat ukur kecepatan angin), palang parkir otomatis dan alat penjemur pakaian anti hujan ( silahkan beri tambahan dikolom komentar jika berkenan).

Demikian penjelasan sederhana yang singkat mengenai rangkaian sensor cahaya khususnya yang menggunakan LDR sebagai komponen sensornya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk menikmati suguhan artikel menarik yang lain diantaranya rangkaian amplifier, pengertian current source dan current mirror, dan pengertian dan fungsi kapasitor. Sekian, Salam Engineer.

BAGIKAN
Seorang mahasiswa yang ingin hidup mandiri dan bermanfaat bagi orang lain. kontak hubungi mohnurfauzan18@gmail.com