Rangkaian Suara Monyet Menggunakan IC555

Rangkaian suara monyet ini sangat mudah untuk dibuat, karena menggunakan komponen elektronika yang cukup simpel diantaranya tiga buah IC555, IC LM386 dan beberapa komponen pelengkap lainnya seperti resistor dan kapasitor. Meskipun saat ini sudah tersedia chip mikrokontroler yang dapat kita program sesuai keinginan, namun terkadang hal ini menjadi sulit jika kita tidak benar-benar menguasai penggunaan mikrokontroler itu sendiri. Sehingga harapanya rangkaian suara monyet ini bisa dengan mudah dipraktekan oleh siapa saja yang ingin belajar rangkaian elektronika lebih mendalam.

Rangkaian Suara Monyet Menggunakan IC555
Diagram Skematik

Cara Kerja Rangkaian Suara Monyet

Ketika saklar S1 ditekan, arus listrik mulai mengaliri rangkaian suara monyet. Komponen IC1 akan beroperasi dengan dua daerah kerja, yaitu kondisi high voltage dan low voltage. Pertama-tama seperti yang tertera pada gambar rangkaian, pin 3 akan berada dalam kondisi high voltage selama 2 detik, kemudian berubah menjadi kondisi low voltage secara otomatis. Lama tenggang waktu ini ditentukan oleh besarnya resistor R1 dan R2, serta kapasitor C1 C2.

Perubahan kondisi dari high voltage ke low voltage pada IC1 ini akan mengontrol kerja IC2 dan IC3. Namun sinyal arus listrik akan melewati dioda D1 dan potensimeter VR1 terlebih dahulu sebelum menuju ke pin 5 masing-masing IC. Dioda D1 berguna melindungi IC1 dari tegangan balik yang mungkin ditimbulkan oleh rangkaian suara monyet ini.

✔ Populer :  Rangkaian Suara Sirine Menggunakan IC555

Sementara IC2 dan IC3 terhubung dengan bagian lain dalam rangkian suara monyet, kedua IC ini juga berperan membangkitkan frekuensi tinggi dan rendah yang bersumber dari tegangan pada pin 5. Ketika pin 5 dalam kondisi high voltage, frekuensi yang dihasilkan akan tinggi. Begitu pun sebaliknya, ketika tegangan pin 5 low voltage, frekuensi yang dihasilkan oleh IC2 dan IC3 pun rendah.

Secara umum IC2 dan IC3 bekerja secara identik. Karena kita menginginkan output suara sealami mungkin, maka teknik yang digunakan adalah dengan menggabungkan dua buah frekuensi yang identik secara terus menerus sehingga terdengar seperti efek suara monyet. Maka dinamilah rangkaian ini dengan rangkain suara monyet.

Terakhir, IC4 berperan sebagai amplifier untuk frekuensi yang berasal dari IC2 dan IC3.keluaran dari IC4 akan disambungkan langsung ke speaker, dan potensiometer VR3 berfungsi untuk mengatur level tegangan sinyal sebelum masuk ke IC4.

Bahan-Bahan

Resistor 0,25 W, toleransi 5%

R1                           100K

R2                           6,8M

R3,R4,R6              10K

R5                           270 ohm

R7                           27K

R8                           27 ohm

Kapasitor elektrolit (ElCo)

✔ Populer :  Rangkaian Power Supply, Penjelasan Lengkap Tentang Elektronika Dasar

C4, C7                    10µF 16V

C8                           220µF 16V

Kapasitor Mylar

C1,C2                     0,22µF 50V

C3                           0,056µF 50V

C5,C6                     0,047µF 50V

Resistor Variabel

VR1, VR2              4,7K

VR3                        100K

Semikonduktor

IC1, IC2, IC3        NE555 Timer

IC4                      LM386 Amplifier

SP1-8 ohms speaker

PCB dan lainya.

Cara membuat rangkaian

Pertama kali anda harus membuat terlebih dahulu PCB seperti gambar dibawah ini, atau sesuai kreasi Anda. Baca artikel cara membuat PCB sendiri jika masih bingung cara membuatnya. Kemudian mulaialah merangkai komponen yang sudah disiapkan ke atas PCB mneggunakan solder dan timah. Kemudian jangan lupa sambungkan speaker, cek kembali rangkian dan bandingkan dengan gambar skematik rangkaian diatas. Terakhir hubungkan rangkaian suara monyet dengan catu daya, dan selamat menikmati hasil karya Anda sendiri.

Rangkaian Suara Monyet Menggunakan IC555
Desain PCB

Demikian penjelasan singkat tentang rangkaian suara monyet menggunakan IC555. Semoga menambah wawasan Anda semua, dan menambah motivasi untuk belajar elektronika lebih mendalam. Baca juga artikel menarik lainya seperti rangkaian lampu LED berjalan, rangkaian pengendali motor, dan rangkaian lampu tidur otomatis. Sekian, Salam Engineer.

BAGIKAN
Seorang mahasiswa yang ingin hidup mandiri dan bermanfaat bagi orang lain. kontak hubungi mohnurfauzan18@gmail.com

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.