Resep Kue Kembang Goyang Manis

Kue Kembang Goyang adalah salah satu makanan yang termasuk ke dalam jenis kue kering dan menjadi jajanan tradisional dan biasa dijajakan di pasar-pasar tradisional.

Rasanya yang manis dan renyah membuat kue Kembang Goyang cocok dinikmati saat santai bersama keluarga. Juga bisa disajikan saat ada acara tertentu seperti reuni, arisan, berkumpul dengan teman ataupun saat lebaran.

Asal mula kue ini disebut dinamai Kembang Goyang, adalah karena bentuknya yang unik seperti bunga yang dalam bahasa Jawa disebut Kembang. Sedangkan kata “Goyang” sendiri adalah karena pembuatannya dengan cara digoyang-goyang supaya cepat lepas dari cetakannya. Itulah sebabnya kue dengan tekstur renyah dan citarasa manis ini disebut sebagai Kembang Goyang.

Resep dan cara membuat kue Kembang Goyang sangatlah mudah, selain itu bahan dan alat yang digunakan juga sederhana. Untuk cetakan yang berbentuk seperti bunga bisa didapat di pasar tradisional maupun toko kue.

Nah, kali ini kami berbagai resep membuat kue Kembang Goyang manis yang renyah.

Bahan yang dibutuhkan

  • 500 gram tepung beras
  • 100 gram gula halus atau sesuai selera
  • 400 gram santan
  • 2 butir telur
  • ½ sendok teh vaneli
  • 100 gram wijen (untuk penggunaan wijen sesuai selera, di sini saya tidak memakainya)
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat kue Kembang Goyang

  1. Langkah pertama masukan telur ayam dan gula halus ke dalam satu wadah, kocok hingga rata (bisa menggunakan mixer supaya lebih cepat).
  2. Tambahkan santan dan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  3. Kemudian masukkan vaneli yang sudah disiapkan, tambahkan air jika dirasa adonan terlalu kental.
  4. Panaskan minyak goreng di wajan dan celupkan cetakan Kembang Goyang ke dalam minyak supaya tidak lengket saat digunakan untuk mencetak adonan.
  5. Jika minyak sudah panas, cetak adonan tadi dengan cara mencelupkan cetakan kue Kembang Goyang yang sudah dipanaskan ke dalam adonan lalu taruh di minyak panas. Goyang-goyangkan cetakan hingga adonan kue jatuh, goreng hingga matang dan tiriskan.
  6. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Jika sudah kue Kembang Goyang siap disajikan.

Itulah resep dan cara membuat kue Kembang Goyang manis dengan tekstur renyah. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Iklan
BAGIKAN