Seberapa Sering Mencuci Muka Saat Wajah Berjerawat?

Apakah Anda berjerawat? Berapa kali seharusnya membersihkan wajah saat berjerawat?

Meski jerawat bukan disebabkan oleh karena tidak membersihkan wajah, tidak diragukan lagi kalau mencuci muka merupakan langkah penting dalam penanggulangan jerawat.

Tapi, sehari berapa kali harus mencuci muka Anda saat berjerawat?

Seberapa sering membersihkan wajah? Tidak ada patokan pasti. Tapi, membasuh muka secara umum cukup sebanyak 2 kali dalam sehari. 1 kali di pagi hari, 1 kali di malam hari, sudah cukup membuang kotoran yang menempel pada kulit wajah, di saat yang sama tidak akan terlalu menimbulkan iritasi.

Namun jika Anda di hari tertentu melakukan aktivitas fisik yang keras, banyak sekali berkeringat, membersihkan wajah 3 kali mungkin masih diperlukan. Setelah pulang berolahraga mungkin?

Apa yang Anda gunakan untuk membersihkan wajah, juga tidak kalah penting. Kulit wajah Anda lebih halus dibanding bagian kulit lainnya, sehingga sebaiknya jangan menggunakan pembersih atau sabun yang keras, seperti misalnya sabun anti-bakteri. Alkohol? Jangan sekali-kali menggunakannya untuk membersihkan wajah.

Sebaliknya gunakan sabun wajah yang lembut, yang membuat Anda merasa bersih, namun tidak menimbulkan iritasi atau menyebabkan kulit kering.

✔ Populer :  Terapi Laser Membuat Wajah Terlihat Lebih Muda

Jerawat bukan disebabkan oleh wajah yang kotor

Penting untuk diingat, bahwa jerawat tidak lah disebabkan oleh wajah yang kotor. Jadi bila Anda mengalami jerawat, itu bukan berarti Anda seorang yang malas mencuci wajah. Nyatanya, banyak mereka yang berjerawat cenderung lebih rajin membersihkan wajah, tapi mereka tetap saja berjerawat.

Ini karena memang jerawat disebabkan oleh faktor di luar perawatan kulit yang Anda lakukan.

Orang yang berjerawat memiliki sel kulit yang tidak meluruh dengan sempurna, serta lebih sensitif terhadap iritasi yang ditimbulkan oleh bakteri penyebab jerawat: Propionibacteria. Dalam hal ini, hormon juga ikut berpengaruh.

Mencuci muka terlalu sering, bisa membuat jerawat bertambah parah

Perawatan kulit yang baik sangat membantu membuang kotoran, minyak berlebih, sisa makeup dan membantu mencegah tersumbatnya pori-pori. Dan hampir semua pengobatan jerawat akan bekerja dengan baik ketika kulit dalam keadaan bersih dan kering.

Namun, terlalu sering membasuh wajah, juga akan berakibat buruk. Bila Anda mencuci muka terlalu sering, kulit wajah yang halus akan mengelupas dan kekeringan, terlebih bila Anda juga telah menggunakan obat jerawat.

✔ Populer :  Penyebab Munculnya Jerawat Batu Di Wajah

Kulit yang kering, akan memerah, bersisik dan teriritasi, dan itu bukan hal yang bagus.

Begitu juga dengan menggosok jawab, adalah hal buruk. Menggosok wajah dengan cukup keras, tidak akan membantu Anda membersihkannya lebih cepat, sebaliknya justru menimbulkan iritasi dan memperparah jerawat.

Mencuci muka tidak serta merta menghilangkan jerawat

Mencuci muka saja tidak akan membebaskan Anda dari jerawat. Dengan kata lain, membersihkan wajah 2 kali sehari, belum lah cukup mengenyahkan jerawat.

Mencuci wajah 2 kali sehari, hanya langkah pertama dalam penanganan jerawat. Langkah selanjutnya Anda perlu menggunakan produk pengobatan khusus jerawat.

BAGIKAN