Sejarah dan Asal Usul Kenapa Ada Banyak Bahasa di Dunia

Sejarah dan Asal Usul Kenapa Ada Banyak Bahasa di Dunia – Pernah kah kamu berpikir kenapa ada banyak bahasa di dunia ini?

Mungkin tidak sama sekali, tapi sebagian orang pernah mempertanyakan hal beragamnya bahasa di dunia ini. Pada faktanya, total dari seluruh bahasa yang ada di muka bumi ini sebanyak kurang lebih 7000 bahasa!

Perlu diketahui adalah banyak para ahli yang berdebat selama beberapa abad lamanya untuk mengetahui mengapa ada banyak bahasa di dunia ini. Memang hal ini sedikit rumit untuk dituntaskan, mengingat bukti langsung tidak pernah ada sama sekali.

Menurut Noam Chomsky, Language and Other Cognitive Systems tahun 1569/1579), mengatakan bahwa dulunya kita, manusia, melakukan komunikasi hanya dengan menggunakan mulut, gestur, gaya, dan bahasa tubuh.

Semakin berkembangnya peradaban pada masa saat itu pula, otak berevolusi sehingga semuanya menjadi lebih kompleks. Dari sini pula, kita mulai memberikan nama seperti sebutan untuk benda, makanan, bahkan minuman sekalipun.

Bagaimana otak berevolusi sehingga semuanya menjadi lebih kompleks? Pada awalnya, kita hanya menggabungkan dua kata benda. Kata benda yang dimaksud adalah “Meja” dan “Makan”. Sehingga, jika digabungkan menjadi “Meja Makan”. Dari sinilah awal mula atau cikal bakal kenapa ada banyak bahasa di dunia ini.

✔ Populer :  Asal Usul Bahasa Jawa

Itu hanya sedikit opini dari sebagian besar tentang kenapa ada banyak bahasa di dunia ini. Jika dipikir secara logika, walau pun otak berevolusi pada zaman dahulu, sedangkan sumbernya hanya dari satu kondisi, yang menjadi pertanyaannya adalah kenapa ada banyak bahasa di dunia?

Saya tidak bisa menjelaskan secara pasti karena saya memang bukan pakar dan ahli dalam permasalahan di bidang bahasa. Menurut saya adalah manusia itu adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan YME dengan kemampuan yang luar biasa.

Yang menjadi penyebab kenapa ada banyak bahasa di dunia ini adalah mungkin keturunan Nabi Adam dan Hawa berpisah dengan saudara-saudaranya. Dengan perpisahan ini pula, keturunan Nabi Adam pun mulai mengembangkan bahasa milik mereka sendiri, sesuai dengan evolusi otak dari mereka sendiri.

Evolusi otak yang dimaksud tersebut seperti halnya yang terjadi di sekitar, seperti kondisi alam, makhluk hidup lain, nama tempat, hingga makanan dan minuman yang memiliki sebutan tersendiri.

Saya mengatakan Anda benar apabila manusia pertama yang diciptakan oleh Tuhan adalah Nabi Adam. Akan tetapi, jika ditelaah lebih teliti lagi, kita tidak akan dihadapkan pada persoalan kenapa ada banyak bahasa di dunia ini, bahkan perbedaan tulisan pun juga cukup jauh berbeda.

✔ Populer :  Dua Kata yang Harus Anda Ketahui Sebelum Berwisata ke Pulau Bali

Tidak mudah apabila artikel ini disuguhkan bagi mereka, orang-orang yang masih sangat fanatik pada agamanya mau menerima pendapat yang berbeda dari apa yang telah diketahuinya, sesungguhnya pun mereka ini tidak pernah mengerti dengan apa yang dikatakannya.

Bagaimana menurut Anda tentang artikel ini? Punya opini tersendiri tentang sejarah dan asal usul kenapa ada banyak bahasa di dunia ini? Silahkan beri komentar!

BAGIKAN