Sejarah Bola Basket di Dunia dan di Indonesia

Sejarah bola basket dan pengertian bola basket. Siapa yang tidak tahu permainan sekaligus olahraga yang satu ini, yaitu bola basket.

Bola basket adalah satu permainan beregu. Permainan ini dimainkan oleh dua regu yang saling berhadapan.

Setiap regu terdiri dari 5 pemain. Tujuan permainan ini adalah memasukkan bola sebanyak- banyaknya ke ring lawan.

Sejarah Bola Basket

Permainan bola basket ditemukan oleh Dr. James Nainsmith. Ia adalah seorang pastor berkebangsaan Kanada, sekaligus pengajar di sebuah sekolah bernama YMCA (Young Men Christian Association) di Springfield, Massacusetts. Tahun 1891, Smith mendapat suatu tantangan dari seorang yang bernama Dr. Luther Halsey Gullick untuk menciptakan suatu permainan yang dilakukan di dalam ruangan, mudah dimainkan dan menarik.

Menjawab tantangan tersebut, Smith mencoba membuat suatu permainan dengan sasaran keranjang. Permainan tersebut ia beri nama “basket ball”. Akhirnya, tahun 1924 “basket ball” didemonstrasikan pada ajang Olimpiade di Perancis.

Permainan yang diciptakannya mendapatkan sambutan baik dari direktur sekolah olahraga di Jeneva, sehingga digelarlah konferensi pertama pada 21 juni 1932. Hasil dari konferensi tersebut adalah dibentuknya Federasi Bola Basket Internasional yang dikenal dengan Federation Internationale de Baskeball Ameteur (FIBA).

Pada tahun 1936, bola basket dipertandingkan untuk pertama kali di Olimpiade di Jerman yang diikuti oleh 21 negara. Sementara itu, perkembangan bola basket di tanah air pun sangat pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan digelarnya pertandingan bola basket pada PON I Surakarta, sebelum didirikannya persatuan bola basket seluruh Indonesia (PERBASI). PERBASI sendiri baru didirikan pada 23 Oktober 1951 dan diterima menjadi anggota FIBA dua tahun kemudian.

loading...
BAGIKAN
Pelajar sekaligus blogger untuk menyalurkan hobi yang terpendam. Untuk berbagi gagasan informasi untuk semua