Sejarah Penemuan Pesawat Terbang Pertama Kali

Erudisi.com – Pada masa kini pesawat terbang merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh manusia. Walaupun harganya cukup mahal dibandingkan alat transportasi lain, pesawat terbang banyak digunakan untuk orang yang mau bepergian ke daerah yang jauh dengan waktu yang cepat.

Sekarang kita bisa menikmati transportasi ini di kota, bahkan hampir semua kota sudah ada bandaranya.

Jangan cuma nikmatin aja dong, kita harus tau siapa yang berjasa menemukan pesawat terbang itu sehingga kita bisa menikmatinya. Mari kita simak penjelasan tentang penemu pesawat terbang.

Penemu Pesawat Terbang adalah Wright Bersaudara. Wright bersaudara (Wright brothers) lahir pada tanggal 19 Agustus 1871 dan wafat 30 January 1948, kemudian saudaranya Wilbur yang lahir pada 16 April 1867 dan wafat 30 May 1912.

Wright brothers adalah dua orang Amerika yang dicatat dunia sebagai penemu pesawat terbang karena mereka berhasil membangun pesawat terbang yang pertama kali sukses diterbangkan dan dikendalikan oleh manusia pada tanggal 17 Desember 1903.

✔ Populer :  Tips Mencegah Kehilangan dan Kebobolan Koper Saat di Bandara

Dua tahun setelah penemuan mereka, kedua bersaudara tersebut mengembangkan ‘mesin terbang’ mereka ke bentuk pesawat terbang yang memakai sayap yang seperti sekarang kita kenal.

Kabarnya sih mereka bukan orang yang pertama kali melakukan pesawat percobaan atau experiment. Tapi Wright bersaudara adalah orang yang pertama kali menemukan kendali pesawat sehingga pesawat terbang dengan sayap itu bisa dikendalikan.

Penerbangan pertama kali yaitu dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782.

Lalu kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900.

Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik di New Jersey, 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II.

Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.

✔ Populer :  Asal Usul Bahasa Jawa

Dan pada masa kini telah banyak sekali diciptakan pesawat terbang dengan model yang lain-lain. Di Indonesia juga ada loh orang yang bisa merancang pesawat terbang, beliau adalah Bapak B.J Habibi yang sekarang banyak menghabiskan waktunya di Jerman.

Kita patut bangga dengan prestasi beliau. Semoga saja banyak orang Indonesia yang meniru beliau untuk Indonesia lebih maju.

BAGIKAN