Sejarah Robot yang Harus Anda Ketahui

Sejarah robot sudah dimulai sejak lama. Robot diperkenalkan pertama kali oleh Wright Karel Capek pada tahun 1920 melalui sandiwara yang dibuatnya yaitu R. U. R. (Rossum’s Universal Robots).

Dalam sandiwara ini diceritakan seorang tokoh ilmu pengetahuan yang bernama Rossum menciptakan bahan tiruan daging dan tulang melalui proses biologi dan elektronik. Dia menciptakan bahan itu untuk mewujudkan impianya membuat kehidupan buatan, namun eksperimen Rossum gagal.

Keponakan beliau seorang ahli teknik yang berpikiran modern memutuskan untuk membuat sesuatu yang lebih praktis daripada eksperimen Rossum. Kemudian dia mempersiapkan pengembangan mesin pekerja yang sempurna. Mengambil manusia sebagai modelnya, dia mulai merancang bentuknya tanpa memasukkan hati, jantung dan nyawanya. Keponakan Rossum sukses dalam eksperimenya dan robot ciptaanya berhasil dijual ke seluruh dunia.

Secara kebetulan, robot-robot itu dibeli oleh negara-negara yang sedang berperang dan digunakan sebagai prajurit. Dalam peperangan, robot-robot tersebut sangat brutal dan efektif, menghancurkan setiap makhluk hidup yang ditemuinya. Baik prajurit musuh maupun penduduk sipil. Menyadari hal ini, pabrik robot akan ditutup. Namun hal ini mengalami banyak pertentangan. Menurutnya perusahaan robot akan menyebabkan banyak pekerja dikeluarkan.

✔ Populer :  Sejarah Singkat Internet

Salah satu ahli ilmu pengetahuan biologi mengusulkan untuk meneruskan produksi robot, tetapi dengan formula yang diubah, agar efek yang ditimbulkan oleh robot juga berubah. Suatu saat pasukan robot mengadakan pemberontakan. Mereka merasa bahwa manusia merupakan majikan yang tidak tepat lagi, tidak berguna, dan memiliki banyak kekurangan. Pasukan robot berniat untuk membersihkan manusia dari muka bumi, tetapi robot tidak dapat menghasilkan keturunan, sehingga pasukan robot harus menguasai pabrik supaya mereka mendapat formula untuk dapat meneruskan keturunan.

Beberapa manusia terakhir yang masih hidup dan berada didalam pabrik menolak untuk mnenyerahkan formula tersebut. Robot berjanji akan membiarkan mereka hidup jika formula tersebut diberikan. Terjadi peselisihan pendapat diantara beberapa manusia yang tersisa, ada yang setuju dan ada yang tidak. Pada saat itu, dipanggung sandiwara juga muncul dua robot yang merupakan produksi terakhir dengan formula khusus. Robot tersebut diberi nama Primus dan Helena. Kedua jenis robot ini memiliki kemampuan khusus, yaitu menghasilkan keturunan. Di sisi lain, formula untuk membuat robot telah musnah, sehingga robot-robot pemberontak tersebut mati tanpa memiliki keturunan. Namun, sebelumnya robot-robot pemberontak tersebut telah memusnahkan semua manusia di bumi. Pada akhirnya di bumi terbentuk makhluk jenis baru yang meruapakan keturunan primus dan Helena.

✔ Populer :  Afrika Selatan: Peristiwa Sejarah Amarah Rakyat di Dunia

Pada tahun 1941, penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov memperkenalkan istilah robotics dalam teknologi robot. Robotics diterima sebagai istilah atau kata untuk mendeskripsikan semua kemajuan teknologi yang berhubungan dengan robot. Asimov memprediksi kemunculan robot-robot industri canggih masa depan dengan sebutan era robot atau revolusi robot.

Pada tahun 1956, George Devil dan Joseph Engelberger membentuk perusahaan robot untuk pertama kalinya. Beberapa tahun berikutnya (1961),  General Motor motor pertama kali menggunakan robot untuk pertama kali menggunakan robot untuk pabrik otomotif. Robot industri kemudian berkembang  pesat dan mulai banyak digunakan pada tahun 1980 oleh perusashaan selain otomotif. Pada tahun inilah perkembangan elektronik dan komputer telah melahirkkan robot modern.

Sejarah Robot yang Harus Anda Ketahui
Robot Lengan

Saat ini robot sepert ini robot seperti manusia tidak lagi menjadi perhatian utama, meskipun perkembangan robot android dan humanoid tetap berlangsung dan mengalami penyempurnaan. Kini robot pekerja industri berupa lengan robot yang   dikontrol oleh komputer dapat diubah fungsinya dengan melakukan perubahan pada program di komputer. Lengan robot sekarang lebih dikenal dibandingkan robot humanoid karena fungsi yang sangat beragam. Meskipun robot humanoid juga tidak kalah tenar karena kemampuanya mampu meniru perilaku manusia.

✔ Populer :  9 Tokoh Sastra di Masa Kemerdekaan

Demikian cerita singkat mengenai sejarah robot dan perkembanganya, meskipun sedikit ngelantur 🙂 semoga tetap bisa bermanfaat bagi Anda. Untuk menutup tulisan ini Saya sematkan video 3 robot tercanggih didunia saat ini. Saya sarankan juga Anda untuk membaca artikel elektronika lainya seperti rangkaian gerbang logika, jenis-jenis kapasitor dan penggunaanya, dan rangkaian kapasitor seri dan paralel. Sekian, Salam Engineer.

BAGIKAN
Seorang mahasiswa yang ingin hidup mandiri dan bermanfaat bagi orang lain. kontak hubungi mohnurfauzan18@gmail.com

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.