Tahukah Anda Apa itu Berpikir?

Sebenarnya setiap orang melakukan kegiatan yang dinamakan berpikir, baik itu anak-anak remaja maupun dewasa. Biasanya kegiatan berpikir dilakukan ketika kita menghadapi suatu masalah. Dengan berpikir kita berusaha untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Kita selalu berpikir setiap hari.

Namun tahukah Anda apa itu berpikir?

Berpikir adalah suatu keaktifan pribadi manusia yang mengakibatkan penemuan yang terarah kepada suatu tujuan. Kita berpikir untuk menemukan pemahaman atau pengertian yang kita kehendaki. Berpikir merupakan aktivitas akal yang dicirikan oleh hal-hal sebagai berikut:

Iklan
  1. Proses menguatkan hubungan antara rangsangan dan respon.
  2. Mengasosiasikan berbagai pandangan dan pengetahuan yang telah tersimpan dalam akal jauh sebelum munculnya pengetahuan baru.
  3. Mengingat-ingat sesuatu dan mempercayakan ada tidaknya hubungan antara sesuatu yang dimaksud.
  4. Menggali kesadaran psikis yang paling substantif dari beberapa peristiwa.

Setelah kita membaca analisis dan penjelasan di atas, kita bisa memahami bahwa aktivitas berpikir merupakan suatu cara kita untuk menemukan pemahaman atau pengertian baru yang kita kehendaki, yang biasanya berupa solusi dari permasalahan.

Berpikir membutuhkan beberapa proses yang di antaranya adalah mengingat suatu peristiwa dan menghubungkannya dengan peristiwa yang baru. Kemudian kita menganalisis di dalam otak kita, adakah hubungan antara satu peristiwa dan peristiwa yang lainnya.

Selain itu kita juga akan mengasosiasikan atau menghubungkan antara suatu pemahaman dengan pemahaman yang lainnya atau suatu pengetahuan dengan pengetahuan lainnya untuk menemukan pengetahuan baru.

Memang, secara teori sangatlah sulit untuk kita pahami. Namun inilah yang kita lakukan sehari-hari. Kita melakukan penguatan antara rangsangan, kita mengasosiasikan berbagai macam pengetahuan, kita menghubungkan satu pengalaman dan pengalaman baru.

Serta kita juga biasa mengaitkan suatu peristiwa dan peristiwa yang lainnya. Sehingga bisa kita katakan semua, manusia normal yang bisa berpikir adalah orang-orang cerdas yang bisa mengasosiasikan segala pengalaman yang ada dalam dirinya untuk menemukan sesuatu yang baru.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC