5 Tempat yang Wajib Anda Kunjungi di Kota Padang

Sumatera Barat merupakan sentra wisata paling terkenal di pulau Sumatera, sudah banyak orang di Nusantara ini pernah ke sana untuk menikmati keindahan alamnya.

Salah satu destinasi yang harus anda datangi adalah kota Padang, yang merupakan ibukota provinsi Sumatera Barat. Ada beberapa tempat yang bisa dikatakan wajib anda kunjungi, dan hebatnya, tempat-tempat ini bisa anda kunjungi keseluruhannya dalam waktu sehari saja. Yuk, kita lihat tempat-tempat mana saja yang wajib Anda kunjungi di Kota Padang.

1. Universitas Andalas

universitas-andalas-from-the-sky-downMerupakan universitas tertua yang berada di luar pulau Jawa. Sangat terkenal dengan sebutan kampus hijau karena alam di sekitarnya masih alami. Jarak tempuh menuju Unand dari pusat kota sekitar 20 km, carilah angkot warna hijau atau biru untuk menuju ke sana dengan tarif normal sekarang ini hanya Rp 5.000,-

Mengapa Unand wajib anda kunjungi? Karena Unand berada di wilayah berdataran tinggi di kota Padang selain daerah Indarung (lokasi pabrik Semen Padang). Dari sini akan terlihat pemandangan lanskap kota Padang dengan lengkap seakan anda memandang miniatur kota.

Tipsnya, ketika anda di Unand pergilah ke helipad di depan kantor rektorat. Parkirkan kendaraan anda di Auditorium, dari sana anda bisa berjalan kaki menuju ke lokasi. Bawalah kamera karena pemandangannya: will be amazed you!

2. Pasar Raya

Terletak di pusat kota Padang dan sangat gampang untuk mencari akses ke sana karena semua arah angkot ujungnya di sini. Pertanyaannya sekarang? Mengapa harus kemari?

20080926sesakpasarrayaCobalah membeli barang, dan berusahalah menawar semurah mungkin, rasakan sensasi tawar-menawar dengan uda-uni penjual di sana. Akan terasa nikmat sekali jika harga yang anda dapat sesuai kesepakatan, tipsnya adalah menawar dengan bahasa minang. Sudah menjadi kunci penting jika anda berwisata di Sumbar mengunakan bahasa minang karena mereka akan sangat ramah dan menghargai siapa pun yang satu bahasa dalam berkomunikasi meskipun anda bukan orang minang sekalipun.

Anda akan puas sekali di sini karena setiap belanjaan bisa ditawar dan harganya bisa disepakati bersama, tips lagi tunggulah si pedagang setuju dengan harga anda, jangan tawar lagi ketika barang yang anda tawar sampai di tangan karena ini di luar kesepakatan dan dianggap tak menghormati proses tawar menawar tadi.

3. Mesjid Raya Sumbar

IMG_7195Tempat Jokowi sholat idul fitri kemarin yang lokasinya berjarak 5 km dari pasar tadi. Carilah angkot putih dan oranye, jika naik dari pasar anda hanya perlu membayar Rp3.000,- dan bisa dikatakan tempat ini wajib untuk dikunjungi.

Berkunjunglah ke sana, sempatkan sholat di masjid ini. Tipsnya jika anda membawa kendaraan, jangan bayar parkir kepada siapa pun. Ke masjid saja bayar gimana orang mau ibadah khusuk?

Bukalah sandal atau sepatu anda, masukkan ke mobil atau jok motor langsung dan usahakan jangan ditaruh di tempat penitipan sandal karena biasanya diminta uang oleh si penjaga. Tenang saja, dari tempat wudhu anda akan langsung terhubung ke dalam masjid.

Setelah sholat anda bisa bermain di pelataran masjid, Anda juga bisa naik ke lantai dua, di mana angin berhembus dan menerpa begitu sempurna sejuknya, ditambah bonus pemandangan kota Padang secara epic!

Berkunjung, seakan anda berkunjung ke salah satu titik surga dunia yang nyata.

Setelah berkunjung ke tiga tempat tadi, untuk mengakhiri kunjungan wisata di kota Padang ini, ada dua tempat yang kualitasnya setara dan berimbang yaitu antara Pantai Padang atau Jembatan Siti Nurbaya.

Jembatan-Siti-NurbayaNamun, untuk kualitas pemandangan, jembatan memang tempat anti-mainstream. Menjelang sore hingga malam, di sana anda bisa santai sambil menikmati sunset. Anda tidak akan kelaparan karena banyak pedagang pula seperti penjual jagung bakar. Nikmat dan sensasinya sama saja dengan mengunjungi pantai.

Semua tempat ini bisa Anda kunjungi dalam waktu sehari saja, dengan perkiraan waktu sebagai berikut:

Pagi, pukul tujuh sampai pukul sembilan, berkunjung ke Universitas Andalas dan menjelang siang anda bisa berbelanja di Pasar Raya, lalu pukul empat sore ke Masjid Raya Sumbar. Akhirnya bisa mengunjungi Pantai Padang/Jembatan Siti Nurbaya dari pukul lima sore hingga waktu maghrib atau sampai malam.

Masalah transportasi, tak perlu risau, karena trayek angkot kota Padang mencakup keseluruhan tempat-tempat di atas.

Bagaimana? Sudah terbayangkan bagaimana serunya berwisata di kota Padang?

BAGIKAN