Tipe Umum Kepribadian Manusia

Secara umum tipe kepribadian manusia dibedakan menjadi 3, yaitu tipe kepribadian introvert (tertutup), extrovert (terbuka) dan terakhir adalah ambivert (tengah).

introvert ambivert extrovert

Berikut adalah penjelasan mengenai 3 tipe kepribadian tersebut:

Introvert

Introvert adalah kepribadian yang tertutup. Seseorang dapat dikategorikan sebagai tipe kepribadian introvert, adalah mereka yang cenderung menutup diri, dalam arti mereka bukan anti sosial, mereka hanya akan bercerita tentang kehidupan mereka hanya pada orang tertentu saja (orang terpercaya).

Introvert juga tipe orang pemikir, dalam arti mereka siap menjadi teman cerita yang baik dan sebisa mungkin bisa membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi teman mereka maupun masalah yang ia sendiri hadapi.

Mereka cenderung menyukai ketenangan, bukan berarti tidak menyukai keramaian hanya saja ada saatnya mereka akan keluar dari zona nyaman kemudian mencari sesuatu baru diluar yang dia sukai. Mereka juga tipe orang yang lebih banyak menghabiskan waktu dirumah daripada di luar rumah.

Kelebihan tipe introvert adalah mereka mempunyai pemikiran yang lebih dewasa dan bisa menjadi teman cerita yang baik, namun jangan pernah membuat orang introvert kecewa ataupun marah, karena bila ia sudah terlanjur kecewa ia akan sulit untuk membuka diri lagi dan bila ia dibuat marah akan sulit mendapat maaf darinya (tidak semua).

Kekurangan tipe ini adalah mereka mengalami kesulitan dalam interaksi sosial, mereka cenderung memilih diam dan berbicara bila perlu.

Extrovert

Extrovert adalah kepribadian yang terbuka (lawan dari introvert). Seseorang dapat dikategorikan sebagai tipe kepribadian extrovert adalah mereka yang terbuka terhadap orang lain, mudah menyesuaikan diri terhadap lingkungan baru dan orangnya friendly.

Orang yang memiliki tipe ini sangatlah friendly, ia mudah berbaur dengan orang lain termasuk orang yang baru ia kenali. Ia cenderung menyukai keramaian dan sesuatu yang mereka anggap menyenangkan dan penuh tantangan.

Mereka ini tipe petualang, selalu mencari hal baru dalam hidupnya. Kelebihan tipe kepribadian extrovert adalah mereka mudah bergaul dengan siapapun, baik yang seumuran, lebih muda maupun lebih tua. Kekurangan tipe ini adalah mereka terkadang kesulitan dalam menyelesaikan masalah dan terkadang terlalu lama dalam mengambil keputusan (tidak semua).

Ambivert

Ambivert adalah tipe kepribadian yang unik. Dikatakan unik karena orang yang memiliki tipe kepribadian ini adalah mereka di tengah-tengah antara kepribadian introvert dan extrovert atau bisa dikatakan netral.

Berbeda dengan kepribadian ganda mereka ini kadang berubah–ubah kepribadiannya menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Sulit untuk mengartikan tipe kepribadian ini, sangat jarang juga menemukan orang yang memiliki tipe kepribadian ini.

Dari uraian diatas saya sendiri menyimpulkan bahwa tipe kepribadian tergantung pada orang itu sendiri, jika ketika ia menginjak masa remaja cenderung menutup diri maka ia kemungkinan besar introvert sedangkan jika ia cenderung terbuka, mudah bergaul dengan sekitarnya kemungkinan besar ia extrovert dan apabila ia berubah – ubah pada saat – saat tertentu kemungkinan ia ambivert.

Namun bisa saja orang yang berkepribadian extrovert berubah menjadi introvert dan sebaliknya, semua tergantung masing – masing individu.

BAGIKAN
penyuka kopi & coklat serta penikmat senja :)