Tipologi Kepribadian Manusia

Tipologi kepribadian adalah pengetahuan yang menggolongkan manusia berdasarkan faktor tertentu, misalnya karakteristik fisik, psikis, budaya dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa macam tipologi kepribadian manusia:Tipologi Kepribadian Manusia

1. Tipologi Konstitusi

Tipologi konstitusi adalah tipologi yang dikembangkan berdasarkan aspek jasmani. Dasar pemikirannya adalah bahwa keadaan tubuh seseorang baik dari segi fisik maupun sifat menentukan ciri pribadi seseorang. Tokoh yang mengembangkan tipologi ini antara lain Hippocrates dan Galenus, De Giovanni, Viola, Sigaud dan Sheldon.

2. Tipologi Temperamen

Tipologi temperamen adalah tipologi yang berdasarkan karakteristik kejiwaan seseorang. Dasar pemikiran tipologi ini adalah bahwa aspek kejiwaan seseorang yang meliputi emosi, daya pikir, maupun ego menentukan karakteristik pribadi seseorang. Beberapa tokoh yang mengembangkan tipologi ini adalah Plato, Immanuel Kant, Bhsen dan Heymans.

3. Tipologi Berdasarkan Nilai Kebudayaan

Tipologi berdasarkan nilai kebudayaan ini dikembangkan oleh Eduard Spranger, menurutnya kebudayaan adalah kumpulan nilai-nilai budaya yang tersusun atau diatur menurut struktur tertentu.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tipologi kepribadian manusia dapat dilihat dari berbagai sisi dan aspek dalam kehidupan, yang pada akhirnya hal tersebutlah yang menunjukkan kepribadian seseorang.

BAGIKAN
penyuka kopi & coklat serta penikmat senja :)