Tips Creambath ala Salon Bisa Anda Lakukan di Rumah

Rambut merupakan mahkota bagi semua manusia baik itu laki-laki maupun wanita. Umumnya menata gaya rambut merupakan kewajiban guna menambah rasa percaya diri bagi kita ketika sedang menghadiri acara pertemuan, atau sedang berkencan dengan kekasih.

Berbagai gaya potongan rambut saat ini banyak diminati oleh kaum hawa dan adam. Salah satunya adalah bowl cut untuk gaya rambut wanita dengan ciri potong rambut cepak khas mirip seorang pria namun tidak mengurangi sedikit pun kecantikan wanita ketika menggunakan gaya rambut bowl cut tersebut.

Sementara untuk pria, model rambut dengan gaya BOB adalah gaya yang sedang tren di Indonesia saat ini, dengan ciri-ciri sisi kanan dan kiri dipotong hingga tipis lalu bagian tengah pun dipotong namun tidak terlalu tipis.

Beberapa tren mengubah gaya rambut, tentu akan juga mengeluarkan biaya yang cukup membuat kantong anda terkuras walau hanya sekedar pergi ke salon atau pun barbershop. Belum lagi perawatan rambut seperti creambath yang juga memakan biaya.

Creambath sendiri adalah perawatan rambut dengan menggunakan krim khusus untuk membantu merawat rambut disertai dengan pijatan-pijatan lembut pada kulit kepala guna mempercepat peresapan krim tersebut pada akar rambut Anda. Biasanya, bahan dasar dari krim tersebut terbuat dari bahan-bahan yang mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut.

Manfaat dari creambath adalah memberikan asupan-asupan nutrisi untuk rambut Anda agar tidak mudah rontok, rambut tampak hitam meski rambut Anda sering terkena cahaya matahari langsung, serta memberikan efek kelembutan pada rambut saat dipegang oleh seseorang.

Biaya untuk creambath pada salon pun cukup mahal, berkisar Rp55.000,00 hingga Rp65.000,00 untuk sekali creambath. Anda bisa mengeluarkan sekitar Rp80.000,00 hingga Rp100.000,00 untuk melakukan perawatan rambut dan memangkas rambut di salon langganan Anda.

Namun, tahukah Anda bahwa untuk melakukan perawatan creambath tak perlu lagi pergi ke salon-salon, karena Anda sendiri pun bisa melakukannya di rumah dan cara ini jelas lebih menghemat biaya.

Bagi Anda yang gemar melakukan perawatan rambut dengan creambath, terdapat beberapa tips creambath ala salon yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang menguras dompet.

Tak hanya itu, bahan-bahan dan juga alat-alat yang digunakan untuk creambath di rumah juga dapat Anda peroleh di supermarket atau pun pasar tradisional terdekat.

Untuk mendapatkan hasil creambath yang maksimal, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Tips Creambath ala Salon

Pilihlah krim untuk creambath yang Anda sukai tapi juga harus sesuai dengan kebutuhan rambut Anda. Untuk saat ini, krim untuk creambath memiliki beberapa varian, yakni:

  • Krim gingseng yang bermanfaat menjaga agar rambut tetap kuat dan tidak mudah mengalami kerontokan.
  • Krim lidah buaya bermanfaat menjaga rambut agar tetap tebal dan juga lembut.
  • Krim kemiri bermanfaat menjaga rambut meski berada di bawah terik matahari dan juga membuat rambut Anda berkilau.

Selain krim yang terbuat dari bahan-bahan alami, terdapat beberapa krim creambath yang berasal dari ekstrak buah-buahan seperti krim seledri dan krim avocado yang merupakan produk impor. Secara harga, krim creambath dengan ekstrak buah-buahan jauh lebih mahal dibanding krim dari bahan-bahan alami.

Setelah Anda memutuskan untuk memakai krim creambath yang sesuai selera Anda, maka langkah selanjutnya adalah cuci rambut dengan shampo sesuai jenis rambut, ulangi untuk mencuci rambut menggunakan shampo kembali hingga rambut benar-benar bersih dari kotoran serta minyak yang menempel pada rambut Anda karena seharian melakukan aktivitas.

Setelah mencuci bersih, maka langkah berikutnya adalah keringkan menggunakan handuk yang sebelumnya telah Anda siapkan, jangan menggosok-gosokkan handuk terlalu keras pada rambut, karena bisa membuat rambut Anda mengalami kerontokan.

Kemudian, lihat rambut Anda yang terlihat bercabang dan guntinglah ujungnya.

Setelah anda menggunting ujung rambut yang terlihat bercabang, langkah selanjutnya adalah rapikan rambut menjadi beberapa bagian, kemudian tuangkan krim creambath pada tangan, lalu oleskan pada rambut mulai dari bagian pangkal rambut hingga ujung rambut secara perlahan-lahan.

Setelah dioleskan secara merata, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memijat secara perlahan-lahan guna memperlancar peredaran darah pada kepala dan juga membantu mempercepat penyerapan nutrisi-nutrisi pada krim creambath tersebut.

Biasanya, ketika Anda melakukan creambath di salon, setelah proses pengolesan krim creambath kemudian menggunakan alat steamer. Untuk Anda yang tidak memiliki alat tersebut tak perlu khawatir, sebab steamer pada salon tersebut dapat diganti dengan menggunakan handuk yang telah direndam dengan air panas dan bungkus rambut dengan handuk tersebut.

Butuh waktu sekitar dua puluh hingga tiga puluh menit untuk proses steamer agar mendapatkan hasil creambath yang maksimal.

Setelah handuk dibuka, maka langkah selanjutnya adalah bilas rambut dengan air dingin dan juga beri shampo. Penggunaan shampo dalam tahap ini berguna untuk menghilangkan sisa-sisa krim yang mungkin masih tersisa pada rambut. Kemudian bilas dengan air hangat agar pori-pori yang berada pada kulit kepala bisa terbuka.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam melakukan creambath di rumah, maka akan lebih baik lagi jika Anda melakukan beberapa hal seperti memeriksa kuku, apabila terlalu panjang maka potonglah kuku terlebih dahulu agar tidak melukai kulit kepala ketika sedang memijat kepala.

Bila ingin mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, maka usahakan menggunakannya dengan suhu angin yang sedang, agar rambut tetap terjaga dan tidak kering ketika anda selesai melakukan creambath dan jangan terlalu sering mengikat atau menjepit rambut, karena hal ini dipercaya dapat merusak rambut.

BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.