Tips Membuat Anak Betah di Rumah

Dunia anak adalah dunia yang sangat unik. Tidak akan ada kata bosan bagi kita untuk menyelaminya. Selalu terus mengalami perubahan dan perkembangan yang menarik untuk dicermati oleh orang tua. Dan sebagai orang tua, anda perlu mengikuti perkembangan dunia anak agar mereka mendapatkan hak secara maksimal.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membawa dampak yang tidak dapat kita hindari dalam berbagai bidang kehidupan. Dampak tersebut ada yang negatif dan positif. Salah satu contoh dampak negatif yang dirasakan adalah adanya perubahan pola pergaulan pada anak yang cenderung bebas dan individualis.

Sebagai orang tua tentu tidak ingin anak anda salah dalam pergaulan. Apalagi sampai terjebak dalam lingkaran narkoba yang menyesatkan. Peranan orang tua sangat penting dalam membentuk karakter pribadi anak.

Berikut adalah tips membuat anak betah di rumah sehingga memudahkan kita melakukan pemantauan:

Jalin komunikasi yang baik

Usahakan setiap hari anda memiliki waktu untuk bercengkerama dengan anak, meskipun hanya berbincang tentang hal yang ringan seperti apa saja yang telah dilewati di hari ini dan bagaimana pelajaran di sekolah. Pertanyaan ini sepele, tapi memiliki banyak manfaat.

Kenali siapa teman-temannya

Dalam pergaulan, teman sangat besar pengaruhnya. Bahkan dalam sebuah riset menyatakan, pengaruh teman 70% lebih besar dibanding lingkungan dan keluarga. Biarkan anak mengajak teman-temannya bermain ke rumah agar anda tahu seperti apa teman-temannya. Anda akan memahami dari obrolan mereka, tingkah laku dan gurauan mereka.

Sebagai orang tua anda harus teliti

Hidupkan suasana religius dalam keluarga. Agama adalah kendali yang sangat penting untuk menciptakan pribadi yang berbudi luhur. Dengan agama hidup menjadi tenteram dan teratur.

Seorang anak dengan pondasi agama yang kuat akan mudah untuk diarahkan dan dinasehati. Sebagai muslim, misalnya shalat berjamaah, masuk rumah mengucap salam, berdoa bersama sebelum makan, dan sebagainya.

Beri kejutan hadiah

Sesekali berilah anak sebuah hadiah jika dia melakukan hal baik, semisal dia mau membersihkan halaman yang sebelumnya ia tak pernah melakukannya. Hal ini membangkitkan ikatan emosi antara orang tua dan anak. Anak akan merasa sangat diperhatikan dan disayangi oleh orang tua.

Dengar keluh kesah anak

Jangan sekali-kali memarahi anak yang sedang bercerita atau sedang berkeluh kesah. Jadilah pendengar yang baik meskipun anda sebagai orang tua tidak dapat memberi solusi. Dengan begitu, anak akan beranggapan bahwa orang tua adalah tempat bernaung di kala tertimpa masalah.

loading...
BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.