Tips Memotong dan Menata Kuku agar Terhindar dari Jamur Kuku

Perhatikan kuku Anda, apakah kuku Anda sudah terlihat bersih dan rapi atau justru menguning dan menghitam? Kuku kita selalu tumbuh setiap hari dan kita harus memotong kuku seminggu sekali agar tidak mengganggu penampilan dan juga kesehatan.

Kuku yang menguning bahkan menghitam disebabkan karena kita tidak rajin untuk merawat kuku. Kuku yang menguning ini disebabkan karena jamur kuku. Setelah kuku menguning biasanya akan mulai menghitam dan membusuk.

Iklan

Jika kuku mulai membusuk maka penanganannya pun akan lebih sulit. Oleh sebab itu kita harus rajin merawat dan membersihkan kuku kita terutama di bagian depan kuku yang nampak kotor dan menghitam.

Akan tetapi sering terjadi kesalahan ketika seseorang memotong kuku mereka, misal terlalu dalam ketika memotong kuku, yang menyebabkan rasa sakit pada kuku, bahkan bisa terjadi luka berdarah dan infeksi. Selain itu kuku yang keras juga akan menyulitkan ketika kita memotong dan bisa menyebabkan kuku kita terlihat kurang rapi karena sulit untuk dirapikan.

Anda bisa merawat kuku anda dengan mudah, ikuti tips di bawah ini:

1. Cucilah tangan anda dan basahi kuku yang akan anda potong dengan air secara merata.

2. Biarkanlah air meresap kedalam pori-pori kuku Anda.

3. Keringkanlah tangan dan kuku Anda dengan handuk bersih.

4. Kuku siap untuk dipotong dan dirapikan.

Dengan membasuh kuku sebelum dipotong akan membuat tekstur kuku menjadi lebih lunak dan mudah untuk dipotong. Selain itu kuku yang sudah dibersihkan dan dibasahi terlebih dahulu akan mudah dirapikan menggunakan amplas kuku.

Membersihkan kuku sebelum dipotong akan menghindari infeksi yang terjadi karena kesalahan saat memotong kuku. Selain mencuci tangan, pastikan alat potong juga bersih dan terhindar dari karat. Alat potong kuku yang berkarat akan mengakibatkan penyakit yang tidak tidak kita duga.

Selain itu agar kuku anda tetap indah jangan menarik serat kulit yang mengelupas, akan tetapi gunakanlah alat potong kuku yang higienis untuk memotong serat kulit yang terkadang mengelupas di atas kuku jemari kita. Karena jika kita menarik atau memotong kulit ini dengan alat potong yang tidak higienis akan mengakibatkan kuku kita terinfeksi dan membusuk atau sering disebut dengan temumulen.

Iklan
BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC