Tips Menyegarkan Mata yang Kelelahan

Untuk anda para blogger atau pekerja kantor yang setiap harinya menghadap layar komputer atau anda yang suka bermain dengan gadget, pasti pernah merasakan mata pedih, pegal, perih dan mulai buram ketika memandang layar monitor.

Jika hal ini telah anda rasakan, sebaiknya segera berhenti menatap monitor. Ini adalah tanda bahwa mata anda telah mencapai batas maksimal atau kelelahan. Jika diteruskan, bisa mengakibatkan hal-hal buruk pada mata anda, sepertit mata minus, mata plus dan berbagai macam penyakit mata lainnya.

Di bawah ini beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan saat mata kelelahan untuk mengembalikan kesehatannya.

1. Mengompres mata dengan timun

Hal ini umumnya sering dilakukan oleh wanita, yaitu mengompres mata dengan timun ketika melakukan spa atau perawatan di salon. Nah, sebenarnya hal ini juga bisa dilakukan oleh lelaki. Jadi bagi anda yang suka begadang atau bekerja di depan layar komputer, timun memiliki banyak kandungan air yang membantu mengembalikan kelembaban mata.

Kandungan air dalam timun ini akan membantu syaraf di area mata menjadi rileks. Timun juga dipercaya dapat mengatasi “mata panda” bagi anda yang hobi begadang.

Caranya cukup mudah, iris mentimun kemudian letakkan di area mata. Namun jangan gunakan mentimun yang baru diambil dari lemari es, tapi biarkan timun sampai bersuhu normal. Untuk mempercepat anda bisa merendamnya dengan air.

Mentimun juga mengandung banyak vitamin c, cafeic acids dan asam askorbat yang baik untuk mencegah retensi air di dalam tubuh dan juga ampuh untuk mengatasi iritasi serta meredakan kulit bengkak dan radang.

2. Memandang ke titik fokus jauh

Ketika bekerja dengan komputer, mata hanya fokus pada satu titik yang relatif dekat. Dan itu dilakukan selama berjam-jam dan berulang setiap hari. Kegiatan ini membuat otot mata hanya fokus pada dekat, sehingga otot-otot mata berkurang elastisitasnya.

Untuk mengatasinya, sesekali pandanglah titik jauh agar otot mata kembali lentur dengan memandang ke titik fokus yang berbeda. Cobalah anda titik fokus terjauh maka mata anda akan terasa lebih rileks.

Untuk mengoptimalkannya, anda bisa melakukan senam mata, yaitu dengan melihat titik jauh dan dekat secara bergantian. Anda bisa menggunakan jempol sebagai objek dekat dengan meletakkannya di depan wajah, kemudian lihatlah titik terjauh yang bisa anda lihat.

3. Merambang mata

Ini adalah teknik tradisional namun masih efektif digunakan sampai sekarang. Anda bisa menggunakan daun sirih untuk merambang mata. Caranya daun sirih disiram dengan air panas dan biarkan menjadi dingin. Kemudian sari daun sirih diletakkan dalam piring, kedipkan mata anda di dalam piring tersebut.

Anda juga bisa menggunakan propolis murni yang diteteskan ke mata. Bisa juga menggunakan madu propolis, caranya sama yaitu dengan meneteskan madu ke mata, namun carai ini memberi sensasi sakit dan perih yang luar biasa pada mata. Tapi dampaknya bisa Anda rasakan seketika ketika setelahnya.

Jika tiga tips di atas telah dilakukan, namun anda masih merasakan pegal pada mata, sebaiknya anda “berpuasa” dengan tidak melihat layar gadget atau komputer selama beberapa hari. Dan jika masalah masih berlanjut, sebaiknya segera menemui dokter mata untuk konsultasi lebih lanjut.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membantu membuat mata anda kembali segar.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC