Tips Mudah Melakukan Facial Sendiri di Rumah

Biasanya para wanita akan selalu menjaga penampilannya di setiap saat. Salah satunya yaitu dengan cara tetap menjaga kecantikan kulit wajah. Para wanita cenderung akan melakukan perawatan secara rutin dengan mengunjungi salon salon atau pun klinik kecantikan supaya kecantikan wajahnya tetap terjaga. Salah satu perawatan wajah yang kerap dilakukan secara rutin yaitu melakukan facial.

Namun terkadang karena faktor kesibukan, perawatan wajah di klinik kecantikan menjadi tidak teratur. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal tersebut kaum hawa bisa melakukan cara mudah melakukan facial sendiri di rumah. Selain waktu yang bisa disesuaikan, melakukan facial sendiri di rumah juga akan jauh lebih murah dan dari segi kebersihan pun lebih terjaga.

Tips Mudah melakukan Facial Sendiri

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan facial sendiri di rumah. Berikut beberapa tahapan dari tips mudah melakukan facial sendiri di rumah.

Semua alat dan bahan yang akan digunakan dalam perawatan harus di persiapkan

Sebelum memulai perawatan, sebaiknya semua alat dan bahan yang akan digunakan terlebih dahulu dipersiapkan supaya memudahkan saat anda melakukan facial. Adapun bahan-bahan yang digunakan diantara nya yaitu pembersih wajah, sabun muka, scrub, masker, air hangat, dan serum.

Tips Mudah melakukan Facial Sendiri

Peralatan yang harus dipersiapkan diantaranya handuk, penjepit rambut, baskom sebagai tempayt air hangat, dan kuas masker. Jika semua alat dan bahan sudah disiapkan, maka melakukan ritual facial sendiri di rumah barulah bisa anda mulai.

Wajah dibersihkan, kemudian dicuci menggunakan sabun pembersih muka dan di bilas menggunakan air hangat

Tahapan pertama pada saat melakukan facial yaitu membersihkan wajah terlebih dahulu dari kotoran atau pun sisa make up. Jika terdapat make up yang masih menempel maka gunakan pembersih make up terlebih dahulu. Kemudian wajah di bilas menggunakan air yang hangat supaya pori-pori kulit wajah bisa terbuka.

Tips Mudah melakukan Facial Sendiri

Berikutnya anda bisa melakukan pembersihan kembali pada wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah. Ketika wajah dicuci maka anda perlu melakukan gerakan melingkar dari bagian bawah ke atas menggunakan jari.

Hal tersebut bertujuan supaya kotoran dan minyak yang terdapat di wajah benar-benar terangkat. Kemudian setelah wajah benar-benar bersih, maka bilas lah menggunakan air dingin.

Gunakan moisturizer atau minyak zaitun untuk memijat wajah supaya dapat memberikan efek rileks pada wajah

Pijat wajah dengan jari secara lembut supaya otot-oto di wajah menjadi rileks dan sirkulasi darah di wajah lancar. Gunakan jari tengah dan jari manis pada saat melakukan pijatan pada wajah. Pemijatan dimulai dari tengah dagu, kemudian dilakukan gerakan memutar ke bagian arah luar. Setelah itu dengan gerakan yang sama pula pada bagian tengah wajah.

Tips Mudah melakukan Facial

Lanjutkan pemijatan pada bagian di sekitar pelipis mata. Pada saat memijat bagian dahi, lakukan pemijatan secara memutar hingga ke bagian pelipis. Kemudian seluruh bagian wajah di tepuk-tepuk menggunakan jari. Setelah selesai melakukan pemijatan, maka bersihkan wajah menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Gunakan uap air panas supaya pori-pori kulit terbuka dan kotoran di wajah mudah untuk dibersihkan

Tahapan berikutnya yaitu melakukan steam wajah dengan menggunakan uap air panas. Hal ini berguna untuk membuka pori-pori di kulit. Dengan membuka nya pori-pori kulit, maka anda bisa membersihkan kotoran serta minyak yang terperangkap di dalam wajah.

Tips Mudah melakukan Facial Sendiri

Siapkan air panas dalam mangkuk atau pun panci. Dekatkan muka dengan mangkuk berisi air panas tersebut dengan posisi wajah di atas mangkuk tersebut. Kemudian tutuplah bagian kepala menggunakan handuk supaya uap air panas yang timbul dapat benar-benar mengenai wajah. Tahapan ini dapat dilakukan selama 2 menit saja.

Melakukan scrubbing untuk mengangkat sel-sel kulit mati

Selagi pori-pori wajah masih terbuka maka segera lakukan scrubbing. Scrubbing ini mampu mengangkat kotoran yang terjebak di dalam pori-pori wajah. Selain mengangkat kotoran juga mampu mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati. Gunakan scrub yang memiliki butiran lembut supaya tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Tips Mudah melakukan Facial Sendiri

Menggunakan nya dengan cara melakukan gerakan memijat dan memutar secara perlahan. Lakukan scrubbing pada area wajah yang banyak terdapat komedo. Seperti pada bagian sekitar hidung dan dagu.

Bilas lah wajah menggunakan sabun muka hingga bersih. Apabila wajah sedang berjerawat, maka tahapan ini bisa dilewati, karena scrubbing bisa melukai bagian wajah yang berjerawat bahkan bisa sampai menimbulkan iritasi pada kulit wajah.

Gunakan masker yang akan memberikan perawatan maksimal

Gunakan masker sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Anda bisa mengunakan masker yang di racik sendiri maupun menggunakan masker yang bisa di beli di berbagai toko kecantikan. Gunakan kuas untuk mengoleskan masker pada wajah secara merata, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Tips Mudah melakukan Facial Sendiri

Selama 15 menit tersebut, sebaiknya jangan banyak melakukan gerakan di bagian wajah. Seperti berbicara, maupun tertawa. Karena hal tersebut dapat menyebabkan masker wajah menjadi mengelupas, sehingga penyerapan nutrisi nya menjadi tak maksimal. Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air hangat-hangat kukuh.

Oleskan serum untuk hasil maksimal

Supaya dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal, pakailah serum untuk seluruh permukaan kulit wajah. Namun apabila kulit wajah masih terlalu muda dan dirasa belum siap untuk menggunakan serum, lebih baik jangan melakukan tahapan ini.

Tips Mudah melakukan Facial Sendiri

Serum berguna dalam memberikan nutrisi tambahan bagi kulit wajah. Selain itu juga, serum mampu membuat kulit tetap lembab, halus, dan lembut. Namun setelah menggunakan serum ini tetap gunakan lah moisturizer supaya kulit bagian luar tetap lembab dan terjaga.

Sangat mudah bukan melakukan facial sendiri di rumah. Setelah membaca artikel ini diharapkan kaum hawa tak kebingungan lagi dalam melakukan facial. Perawatan wajah seperti di salon salon bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan mengikuti tips mudah melakukan facial di atas.

BAGIKAN
Nino Artikel adalah Pria Jawa kelahiran Sumatera Selatan yang memiliki hobi membaca dan menulis. Minat serta tekat menjadi blogger profesional sudah dilalui dari tahun 2011. Selain seorang freelancer, sesuai dengan namanya, juga adalah seorang penulis artikel.