Wisata Alam Eksotis dan Ekstrim di Indonesia

Kita patut berbangga menjadi orang Indonesia. Indonesia kita sangat lah terkenal degan keindahan alamnya yang eksotis dan sebagai tempat surga keindahan. Indonesia tanah air tercinta ini mampu menarik wisatawan mancanegara dari berbagai belahan dunia.

Selain menyuguhkan pemandangan indah, Indonesia juga memiliki beberapa objek wisata yang tergolong ekstrim dan memicu adrenalin bagi para pecinta petualangan. Untuk menikmati keindahannya diperlukan usaha gigih dan tekad yang bulat.

Ingin tahu lebih dekat tentang wisata ekstrim nan indah itu?

Yuk simak ulasannya.

1. Pegunungan Matantimali

ParalayangPegunungan Matantimali terletak di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Berjarak sekitar 30 km dari kota Palu dan berada sekitar 1.000m dpl. Matantimali merupakan salah satu objek wisata alam ekstrim indah, tempat ini diklaim sebagai tempat wisata paralayang terbaik se-Asia Tenggara, bahkan di Dunia. Di sini lah satu-satunya tempat untuk terbang sepanjang tahun. Bahkan lokasi ini kerap digunakan sebagai tempat pegelaran even olahraga paralayang.

Dari atas kita bisa melihat keindahan kota Palu mulai dari ujung utara hingga ke dataran Pulawi yang jauhnya membentang sekitar 100km dari kota Palu. Wah keren bukan?

2. Lembah Harau

KawahApakah Anda pemanjat tebing professional dan cinta degan olahraga ekstrim? Mungkin ini adalah salah satu tempat yang tepat untuk anda. Lembah Harau yang terletak di kota Paya Kumbuh, Sumatra Barat ini disebut-sebut sebagai surga bagi pemanjat tebing Indonesia dengan ketinggian hingga 300m, dikelilingi oleh beberapa bukit yaitu bukit Air Putih, bukit Jambu, bukit Tingkarek dan bukit Tarantang.

Selain menyuguhkan panorama alam eksotis, dari atas tebing ini mengalir 4 air terjun yaitu Sarasa Ayelolui, Sarasabunta, Sarasamurai dan Sarasa Ayeangi.

Nah apakah Anda sudah siap menaklukkan keindahan dan keeksotisannya? Lembah Harau dapat anda dicapai dengan menempuh perjalanan dengan kendaraan selama 2 jam dari kota Padang.

3. Goa Jomblang

GoaGoa Jomblang merupakan gua vertikal yang ada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semano, Gunung Kidul, Jogyakarta. Terdapat hutan purba yang cukup rapat di dasarnya dan sebuah lorong sepanjang 300m, dihiasi ornamen gua nan indah yang akan membawa Anda menuju Gua Grubug, atau tempat di mana Anda bisa menyaksikan cahaya surga.

Untuk memasuki gua Jomblang yang memiliki luas mulut sekitar 50m ini, diperlukan kemampuan teknik tali tunggal atau single rope technique. Oleh karena itu untuk setiap pengunjung yang ingin memasuki goa ini wajib menggunakan peralatan khusus dengan standar keamanan.

Selain itu Anda juga harus didampingi oleh penelusur goa berpengalaman. Waktu terbaik untuk menikmati wisata ini adalah dari pukul 11 – 13 siang, karena saat itu cahaya surga akan terlihat sempurna. Percayalah segala usaha itu akan terbayarkan dengan pemandangan indah di dalam goa. Sungguh maha karya Tuhan yang luar biasa bukan?

4. Kepulauan Mentawai

Kepulauan MentawaiSiapa yang tak tergiur menaklukkan ombak setinggi 1,5 hingga 4 meter?. Di sebuah kepulauan yang terletak sekitar 150 km di Samudera Hindia, yaitu kepulauan Mentawai.

Pulau yang terdiri dari kelompok pulau Sitakap, Sipora, Pagai Utara dan Selatan, menyuguhkan objek wisata pantai nan indah yang juga terkenal dengan ombaknya. Terkenal di penjuru dunia sebagai tempat berselancar paling menantang, Mentawai menjadi salah satu ombak terbaik di Indonesia.

Tidak mengherankan jika tempat ini mengundang minat para peselancar dari mancanegara, bahkan pesona ombak Mentawai ini kabarnya pernah mengundang minat mendiang Aktor Hollywood Paul Walker. Bagaimana degan Anda, berani mencoba?

loading...
BAGIKAN