Yang Perlu Diketahui Orang Tua Saat Anak Masuki Usia Pubertas

Sebagai orang tua, tentu ingin melihat sekaligus mengawal perkembangan dan pertumbuhan putra-putri Anda bukan?Perhatian, bimbingan dan kasih sayang penuh dari orang tua akan sangat berdampak baik pada proses tumbuh kembang si anak. Terutama ketika mereka mulai memasuki usia remaja atau biasa disebut memasuki masa pubertas.

Nah kali ini kita akan membahas tentang masa pubertas yang akan dialami oleh seorang anak, dan apa saja hal yang perlu diperhatikan dan diketahui oleh Anda, selaku orang tua mereka.

Apa itu pubertas?

Secara sederhana, pubertas ada suatu masa ketika seorang anak mulai memasuki masa kematangan seksual. Mulai masa ini akan tampak tanda-tanda dominan sesuai jenis kelamin si anak.

Untuk anak perempuan, pubertas biasanya dimulai sejak usia 11 tahun. Namun, juga mungkin dapat lebih awal yaitu pada usia 6 – 7 tahun. Untuk anak laki-laki, pubertas umumnya dimulai sejak usia 12 tahun, atau bisa lebih sejak usia 9 tahun.

Pubertas adalah masa atau proses yang berlangsung selama beberapa tahun. Pada anak perempuan kematangan fisik secara seksual biasanya dicapai pada usia 14 tahun, sementara pada anak laki-laki pada usia 15 – 16 tahun.

Apa tanda pertama seorang anak memasuki masa pubertas?

Tanda pertama pada anak perempuan adalah perkembangan payudara. Sedangkan pada anak laki-laki, tanda pertama yang akan muncul adalah bertambahnya ukuran testis.

Apakah perkembangan seksual memiliki pola tertentu?

Ya betul. Pada anak perempuan, payudara akan berkembang lebih dulu, kemudian disusul  tumbuhnya rambut kemaluan. Setelah itu baru muncul pertumbuhan rambut di ketiak. Pada perempuan, kemungkina juga akan muncul jerawat pada usia 13 tahun. Sedangkan periode menstruasi biasanya akan datang paling akhir.

Pada anak laki-laki, perkembangan testis dan penis menjadi penanda pertama. Kemudian baru tumbuhnya rambut kemaluan dan bulu ketiak. Disusul kemudian perubahan suara yang menjadi lebih berat. Perkembangan pada otot-otot dan terakhir munculnya jerawat.

Apakah perkembangan seksual akan selalu mengikuti pola yang sama?

Tidak! Pada beberapa anak, perkembangan seksual mereka berbeda dari anak-anak lainnya. Seperti pada beberapa anak perempuan akan mengalami perkembangan payudara pada usia yang sangat muda, tanpa dibarengi dengan tanda-tanda perkembangan seksual yang lainnya. Juga mungkin pada beberapa anak laki-laki, mengalami pertumbuhan rambut pada kemaluan, jauh sebelum tanda-tanda lainnya muncul.

Pada kebanyakan kasus, hal seperti ini adalah normal. Namun, jika Anda merasa penasaran dengan masalah perkembangan anak, mencari petunjuk dokter akan sangat membantu.

Selain itu, mungkin juga dapat terjadi terjadinya masa pubertas terlalu dini ataupun sebaliknya yaitu terjadi keterlambatan munculnya tanda-tanda perkembangan kematangan seksual putra-putri Anda.

Meski pada kebanyakan kasus, hal ini masih tergolong wajar, namun juga perlu mendapatkan perhatian khusus jika:

  • Pada anak perempuan, terjadi pertumbuhan payudara atau tumbuhnya rambut kemaluan sebelum usia 7 atau 8 tahun.
  • Pada anak laki-laki, terjadi perkembangan pada testis atau penis sebelum usia 9 tahun.
Atau sebaliknya, jika:
  • Pada anak perempuan, belum ada tanda-tanda perkembangan payudara saat memasuki usia 14 tahun atau perkembangan kematangan seksualnya tidak lengkap selama 5 tahun sejak pertama kali tanda pubertas muncul.
  • Pada anak laki-laki, tidak terjadi perkembangan testis pada usia 14 tahun, atau perkembangan seksual tidak matang selama 5 tahun sejak tanda pubertas pertama kali muncul.

Dalam hal, kondisi-kondisi seperti di atas, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter yang kompeten.

Dapatkah perkembangan pubertas yang terlalu dini atau terlambat dapat diatasi?

Pada kebanyakan anak, hal ini biasa adalah hal wajar sehingga tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, jika memang menurut analisa dokter memang ada gangguan tertentu, seperti gangguan hormonal, maka pengobatan dengan hormon akan dapat membantu.

Itulah beberapa hal berkaitan dengan masa pubertas, suatu masa yang pasti akan dialami oleh putra-putri Anda yang perlu Anda -sebagai orang tua- ketahui. Sebagai orang tua tentunya, kita menginginkan yang terbaik untuk putra-putri kita bukan?

Yakinkan putra-putri Anda ketika mereka menemukan perubahan pada fisik mereka, bahwa hal itu adalah hal wajar dan alami, yang setiap orang akan mengalaminya.

Dukungan serta kasih sayang adalah hal mutlak yang harus diberikan kepada mereka selama mereka memasuki masa pubertas.

BAGIKAN
Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.