10 Cara Agar Tidak Mudah Mengantuk

ERUDISI.com – Mengantuk pada saat waktu produktif atau saat sedang bekerja seringkali membuat kita tidak bisa fokus mengerjakan pekerjaan, bisa saja kita mudah mengantuk karena

Arga Fica

10 Cara Agar Tidak Mudah Mengantuk foto: (pexels)
10 Cara Agar Tidak Mudah Mengantuk foto: (pexels)

ERUDISI.com – Mengantuk pada saat waktu produktif atau saat sedang bekerja seringkali membuat kita tidak bisa fokus mengerjakan pekerjaan, bisa saja kita karena kita merasa lelah ataupun merasa bosan dengan rutinitas yang sama.

Jika saat kita sedang bekerja selalu merasa mengantuk itu tandanya pola hidup kita yang kurang terjaga, untuk itu agar kita tidak mudah merasa ngantuk Ikutilah beberapa cara berikut.

:

1. Istirahatlah Yang Cukup 

Setelah tubuh merasa lelah akibat kerja seharian jagalah pola tidur kita, hindari tidur terlalu larut malam ataupun begadang agar tubuh saat pagi hari merasa fresh siap menghadapi hari.

2. Mandi Pagi

Agar tidak sering merasa ngantuk jangan melewatkan untuk mandi pagi setiap harinya, mandi dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih segar sehingga tidak mudah merasakan kantuk.

3. Minum Kopi

Meminum kopi juga bisa rasa kantuk jika kamu suka dengan kopi maka kamu bisa meminum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk, sebab kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat membuat seseorang merasa lebih bersemangat kembali.

4. Makan Teratur

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga pola makan kita untuk itu makanlah dengan tepat waktu dan teratur, karena dari makanlah tubuh bisa mendapatkan energi.

Jika pola makan kita tidak teratur dan sering telat maka energi yang ada di dalam tubuh kita akan berkurang, jika sudah berkurang maka tubuh akan merasa mudah lelah, lemas dan mengantuk.

5. Minum Air Putih

Jangan lupa untuk sering minum air putih karena tubuh juga memerlukan banyak air, hindari terlalu sering meminum minuman yang manis-manis agar tidak terkena diabetes sebab seseorang yang terkena diabetes juga sering merasa lelah dan mudah mengantuk.

6. Menjaga Suasana Hati

Saat sedang mengerjakan sesuatu jangan lupa untuk selalu menjaga suasana hati kita agar semangat dalam bekerja, jika ada beban pikiran yang merusak suasana hati jangan biarkan hal tersebut mempengaruhi pekerjaan kamu dan menjadikan kamu lelah dan malas.

7. Membuat Perencanaan

Agar tidak mudah merasa bosan dan bingung untuk mengerjakan sesuatu baiknya pada malam hari, kita membuat rencana atau jadwal harian yang akan kita kerjakan besok.

Membuat perencanaan jadwal yang baik dapat membuat diri menjadi lebih disiplin dan konsisten, sehingga cara ini dapat membuat diri menjadi lebih mudah dan bersemangat dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

8. Memotivasi Diri

Sering merasakan kantuk memang dapat membuat seseorang merasa malas untuk mengerjakan ataupun melakukan aktivitas, namun jangan sampai diri kita kalah dengan rasa kantuk yang ada.

Memotivasi diri dengan cara melakukan pekerjaan dengan semangat dan sepenuh hati agar kita dapat mencapai apa yang kita harapkan.

9. Olahraga

Jika kita mempunyai waktu senggang atau mendapatkan hari libur manfaatkanlah waktu dengan sebaik mungkin, misalnya untuk olahraga agar badan terasa lebih rileks dan sehat.

Berolahraga juga dapat membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik, sehingga dapat membuat kamu menjadi semangat untuk menjalani aktivitas kembali.

10. Batasi Waktu Bermain Ponsel

Sering menatap layar ponsel atau bermain ponsel secara berlebihan dapat membuat mata menjadi terasa panas dan cepat lelah, bermain ponsel juga dapat menjadikan orang menjadi lupa dengan waktu dan akhirnya waktunya terbuang dengan percuma dan untuk melakukan aktivitas pun juga tidak bersemangat.

Itulah beberapa cara yang lakukan untuk seseorang yang sering merasa ngantuk. Selain akibat dari merasa lelah juga bisa disebabkan oleh faktor kesehatan, untuk itu jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan dan cek kesehatan secara rutin.

Related Post