10 Langkah Dasar Meraih Goal (Tujuan)

Memiliki goal atau tujuan dalam hidup ini adalah hal yang sangat penting. Ia membantu kita mencapai keadaan yang lebih baik sekaligus terus memberi kita semangat melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi.

Mungkin ada banyak goal berbeda yang sedang kita kejar, sebagian adalah goal jangka panjang, sebagian lagi goal jangka pendek. Anda mungkin telah menetapkan goal dalam pekerjaan dan karir. Anda juga mungkin memiliki goal tersendiri yang bersifat pribadi.

Apapun tujuan atau goal tersebut, yang jelas untuk meraihnya kita harus memiliki rencana atau planning, pun memiliki strategi untuk mencapainya.

Rencana ini harus disesuaikan dengan sumber daya yang ada, kemampuan yang kita miliki dan dilakukan dengan pendekatan yang sistematis. Itulah satu-satunya cara mencapai impian.

Di bawah ini, saya tuliskan 10 langkah dasar untuk menggapai tujuan Anda:

1. Tetapkan goal yang jelas

Untuk mencapai tujuan, Anda harus memiliki ide yang jelas apa yang ingin diraih. Ini adalah langkah pertama yang mesti dilakukan. Tetapkanlah goal yang sangat spesifik. Semakin jelas goal Anda, maka semakin mudah untuk diraih.

2. Buat rencana

Setelah Anda menetapkan apa yang ingin diraih, Anda harus membuat rencana kerja atau strategi untuk meraih goal tersebut. Anda harus membuat rencana sistematis yang membantu Anda meraih tujuan.

3. Kerjakan langkah per langkah

Tergantung dari goal dan rencana yang telah dibuat, disini mungkin ada banyak hal yang mulai Anda lakukan langkah per langkah. Mungkin Anda perlu mengambil kursus tertentu, mendapatkan pekerjaan baru misalnya. Ambil langkah sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

4. Menjadi aktif

Anda harus menggali inisiatif, mencari celah secara aktif, gunakan segala kesempatan yang datang untuk menunjang Anda mencapai tujuan.

5. Cari teladan

Ada banyak contoh dari orang-orang yang telah sukses mencapai tujuan seperti yang Anda inginkan. Ambil teladan dan pelajaran dari mereka. Dengarkan apa yang mereka katakan. Membaca buku motivasi, mendengar CD pengembangan diri, akan banyak membantu Anda tetap termotivasi.

6. Rencana B

Penting untuk selalu memiliki rencana cadangan, sehingga satu strategi tidak berjalan baik, Anda tidak harus memulai dari nol lagi. Rencana B ini harus lah memiliki goal yang sama dengan rencana utama Anda, dan baru Anda gunakan jika cara pertama gagal Anda raih.

7. Fokus

Sangat mudah dalam perjalanan mencapai goal, seseorang kehilangan fokus, terutama untuk goal jangka panjang. Namun demikian, Anda tidak boleh kehilangan fokus dan dedikasi untuk mencapai tujuan dan impian Anda.

8. Periksa ulang

Sempatkan waktu untuk memeriksa, menguji goal Anda.

9. Afirmasi

Katakan pada diri sendiri, bahwa Anda mampu melakukannya. Lakukan terus berulang-ulang. Ini akan menguatkan motivasi dan pasti mampu meraih apa pun tujuan Anda.

10. Visualisasi

Memvisualisasikan tujuan atau goal Anda, dapat membantu Anda meraihnya. Tidak lain, karena Anda akan termotivasi, terus bersemangat. Visualiasikan seolah-olah Anda telah mencapainya, akan memberi kekuatan tambahan mencapai mencapai apapun yang diinginkan.

Sepuluh langkah di atas memang adalah langkah-langkah teramat dasar untuk mencapai tujuan. Justru, di situlah pentingnya Anda menerapkannya dalam setiap goal yang Anda buat. Sukses selalu.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here